5 Alasan Menjatuhkan Pilihan Kuliah di Turki

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 13:39 WIB
Tarian Sufi begitu tersohor di penjuru negara Turki. Tarian itu memiliki makna yang dalam secara spiritual bagi umat Muslim Sufi di Turki.
Beragam alasan memilih kuliah di Turki. Salah satunya Turki negara yang terkenal indah
Jakarta -

Kuliah di Turki menjadi idaman bagi semua calon mahasiswa dari berbagai dunia. Negara lintas benua ini salah satu destinasi calon-calon mahasiswa seluruh dunia untuk menuntut ilmu.

Saat ini, seperti yang dikutip dari kantor berita Anadolu, sudah ada sekitar 178 ribu mahasiswa asing memilih kuliah di Turki. Mereka tersebar di lebih dari 200 perguruan tinggi baik milik pemerintah maupun swasta.

Menurut sumber yang sama, pemerintah Turki berpandangan jumlah mahasiswa internasional harus bertambah. Pemerintah setempat bahkan menargetkan menjadi tuan rumah bagi 250 ribu mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Turki pada 2023 mendatang.

Berikut sejumlah alasan yang patut dipertimbangkan untuk menjatuhkan pilihan kuliah di Turki.

1. Sejumlah perguruan tinggi di Turki masuk dalam jajaran terbaik dunia
Turki tergolong negara yang mempunyai perhatian lebih pada pendidikan. Beberapa universitas di negara yang berada di perbatasan Eropa dan Asia itu bahkan sudah berusia ratusan tahun. Dari ratusan perguruan tinggi yang tersebar di seluruh pelosok negeri, beberapa diantaranya masuk dalam jajaran terbaik di dunia versi QS World University Rankings. Universitas-universitas ini layak dipertimbangkan para calon mahasiswa yang ingin kuliah di Turki. Berikut diantaranya :

a. KoƧ University
Meski berusia belum genap tiga dasawarsa, universitas swasta ini melejit sebagai menduduki peringkat pertama di Turki versi QS World University Rankings. Secara global universitas yang terletak di Istanbul ini berada di peringkat 465. Universitas ini membuka sejumlah jurusan bagi mahasiswa asing yang ingin kuliah di Turki baik untuk tingkat S1, S2, dan S3 seperti kedokteran, teknik, dan science. Hampir semua program memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

b.Sabanci University
QS World University Rankings memberi peringkat sangat baik pada penelitian-penelitian di universitas yang terletak di Istanbul ini.

c. Middle East Technical University
Ribuan mahasiswa dari 85 negara yang memilih kuliah di Turki berada di universitas yang terletak di ibu kota, Ankara. Tak hanya jurusan teknik, universitas ini juga membuka jurusan untuk ilmu-ilmu sosial seperti ekonomi dan bisnis, politik, dan pendidikan.

2. Beasiswa dari beragam institusi
Sejumlah institusi di Turki memberikan beasiswa pada pelajar asing yang memutuskan kuliah di Turki. Diantaranya beasiswa Presidency for Turks Abroad and Related Communities (YTB) dan Council of Higher Education (YOK). Sejak meluncurkan program "Turkey Scholarships" pada 2010, YTB sudah menerima 42 ribu permohonan beasiswa dari seluruh dunia. Informasi terkait beasiswa ini dapat diakses di www.turkiyeburslari.gov.tr

3. Biaya pendidikan relatif terjangkau

Salah satu daya tarik para pelajar untuk kuliah di Turki yakni biaya pendidikan yang relatif terjangkau. Dikutip dari situs resmi Sabanci University, biaya kuliah tahun ajaran 2020/2021 untuk mahasiswa asing sekitar USD 19.500 setahun untuk semua jurusan.

Biaya ini bisa berkurang jika mendapatkan beasiswa. Begitu juga jika kamu memilih universitas milik pemerintah. Uang kuliah yang dibayarkan bisa jauh lebih murah mencapai USD 450 sampai USD 1.500 per semester.


4. Biaya hidup yang relatif murah
Sejumlah kampus besar di Turki menyediakan asrama bagi para mahasiswa. Middle East Technical University misalnya membangun 19 asrama di lingkungan kampus. Biaya rata-rata asrama ini sekitar USD 30- USD 300.

Konsultan pendidikan di Turki, Atis Education Consultant Agency menghitung mahasiswa internasional yang kuliah di Turki bisa menghabiskan USD 400- USD 500 dalam sebulan untuk biaya hidup sudah termasuk makanan, telepon dan internet, dan berwisata.


5. Turki merupakan negara yang indah
Kuliah di Turki ibaratnya diberi bonus menikmati tujuan wisata beragam di negara ini. Turki termasuk negara destinasi wisata paling terkenal di dunia. Setiap tahun diperkirakan sekitar 40 juta turis dari berbagai negara mengunjungi negara ini.

(pal/erd)