Golkar Dukung PDIP Proses Hukum Pembakar Bendera Partai

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 10:21 WIB
Tubagus Ace Hasan Syadzily
Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Beredar video aksi pembakaran bendera PDIP yang terjadi saat aksi unjuk rasa penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila. Partai Golkar mendukung PDIP memproses hukum pelaku pembakar bendera tersebut.

"Saya kira kami setuju ya untuk mengusut siapa pelaku pembakaran bendera PDIP. Jika perlu serahkan pada mekanisme hukum yang berlaku," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

Ace mengatakan penyampaian pendapat adalah hak warga negara, tapi harus dilakukan dengan cara yang baik. Menurutnya, pembakaran simbol organisasi adalah tindakan yang tidak terpuji.

"Melakukan pembakaran terhadap simbol-simbol organisasi, termasuk simbol partai, tentu merupakan tindakan yang tidak terpuji. Kita harus saling menghormatilah," ujar Ace.

Sebelumnya diberitakan, video pembakaran bendera PDIP viral di media sosial. Juru Bicara PA 212 Haikal Hassan mengaku sama sekali tak melihat aksi pembakaran bendera PDIP saat demo berlangsung di depan gedung DPR, Rabu (24/6). Pihaknya akan segera mengusut kasus itu.

"Lagi diusut juga. Takutnya ada penyusup yang suka adu domba," ujar Haikal ketika dikonfirmasi, Kamis (25/6).

PDIP telah merespons aksi pembakaran bendera partainya tersebut. PDIP akan menempuh jalur hukum.

"PDI Perjuangan dengan tegas menempuh jalan hukum," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, dalam keterangannya, Kamis (25/6).

(azr/fjp)