Biaya Hidup dan Kuliah di Australia, Berapa Ya?

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 10:20 WIB
Bendera Australia (AFP Photo)
Foto: Bendera Australia (AFP Photo)/Ilustrasi Kuliah di Australia
Jakarta -

Australia menjadi salah satu negara tujuan dalam untuk melanjutkan kuliah. Pasalnya, Australia tercatat memiliki sistem pendidikan yang berkualitas.

Setiap orang tentu ingin mendapatkan pendidikan yang terbaik. Pasalnya, pendidikan di perguruan tinggi menjadi salah satu faktor yang menentukan karier ke depan.

Berikut biaya hidup dan kuliah di Australia:

1. Alasan Kuliah di Australia

Dalam buku 'Kuliah ke Luar Negeri Itu Mudah' terbitan Kompas, salah satu alasan banyaknya orang Indonesia yang memilih kuliah di Australia adalah standar pendidikannya lebih tinggi daripada di dalam negeri.

Selain itu, biaya kuliah di sana diketahui lebih rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Inggris. Bahkan, para mahasiswanya bisa kerja sambil kuliah dengan mengambil part time atau kerja paruh waktu.

Terakhir, Australia memiliki jarak yang dekat dengan Indonesia. Sehingga waktu tempuh menggunakan pesawat dari Australia dan pulang ke Tanah Air tidak begitu lama.

2. Kursus Bahasa Inggris

Bagi kamu yang ingin kuliah di Australia, pemerintah setempat menyediakan ELICOS (English Language Intensive Courses for Overseas Student) atau lembaga kursus Bahasa Inggris Insentif bagi siswa asing.

Sehingga selepas dari kursus tersebut, para siswa bisa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik untuk persiapan belajar di jenjang yang lebih tinggi maupun untuk sehari-hari.

3. Kuliah di Australia

Salah satu kota di Australia, Queensland memiliki sembilan universitas negeri. Menurut Officer Manager Queensland Government, Fanny Walanda calon mahasiswa bisa memilih jurusan di sana, baik program sarjana dan pascasarjana. Selain itu, ada juga pendidikan bahasa Inggris dan program belajar jangka pendek di berbagai bidang.

Queensland bisa menjadi salah satu kota rekomendasi untuk kuliah di Australia. Sebab, biaya hidup dan akomodasi relatif rendah dibanding dengan kota lain di Australia karena universitas terkadang memiliki asrama atau apartemen bagi para mahasiswa pascasarjana, yang sudah menikah, atau untuk tamu fakultas.

Sedangkan, akomodasi para mahasiswa hanya cukup hanya berjalan kaki. Pasalnya, lokasi tempat tinggal cukup dengan dengan tempat menuntut ilmu.

4. Biaya Kuliah

Dikutip dari situs studyinaustralia.gov.au, biaya kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana sebesar AU$ 15.000-$33.000. Kemudian, untuk gelar pascasarjanan (doktor) sebesar AU$ 20.000-$37.000.

Selanjutnya, gelar doktor bisa diambil dengan biaya AU$14.000-37.000. Sementara itu, untuk pendidikan kejuruan atau pelatihan (sertifikat I-IV, Diploma, Diploma lanjutan) AU$ 4.000-$22.000

Selamat mencoba kuliah di Australia!

(pay/erd)