8 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPA

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 18:08 WIB
Ilustrasi matematika atau kalkulus
Foto: Getty Images/iStockphoto/jittawit.21
Jakarta -

Memilih jurusan di perguruan tinggi tentu butuh beragam pertimbangan. Mulai dari pelajaran yang diminati, prospek kerja, dan bisa juga biaya. Bagi kamu yang tergolong anak IPA di kelas 12, mungkin saja masih ada yang bingung atau bimbang memilih jurusan terbaik untuk anak IPA.


Bila masih ragu, berikut panduan sejumlah pilihan jurusan terbaik untuk anak IPA yang bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu sebelum mendaftar kuliah. Urutan pilihan ini disusun secara acak, bukan berdasar pada pilihan terfavorit.

Ini 8 Jurusan Terbaik untuk Anak IPA

1. Pendidikan Kedokteran
Mengambil jurusan ini kamu akan mempelajari tentang cara kerja organ tubuh manusia dan faktor-faktor yang dapat mengganggu fungsi organ tubuh itu. Kemudian obat-obatan yang bisa bekerja di sistem organ tersebut. Di jurusan ini kamu juga mempelajari cara pemeriksaan pasien serta melakukan interpretasi pemeriksaan laboratorium pada kasus gangguan organ tersebut. Setelah lulus S1, kamu baru resmi menjadi Sarjana Kedokteran. Namun harus diingat belum jadi dokter. Untuk bisa bekerja sebagai dokter, harus mengambil Program Profesi Dokter.

Cocok bagi yang suka pelajaran biologi dan kimia.

Prospek karier : Dokter spesialis, manajer fasilitas kesehatan (melanjutkan ke S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat)

2. Teknik Informatika

Jurusan kuliah terbaik untuk anak IPA selanjutnya adalah Teknik Informatika. Jurusan ini membekali mahasiswanya untuk memiliki keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah software atau perangkat lunak sistem. Dari program sederhana yang bisa menjalankan satu fungsi sampai program dengan tingkat kerumitan lebih tinggi. Berkuliah di jurusan ini harus siap-siap belajar berbagai bahasa pemrograman seperti C++, Java, Phyton, PHP, dan yang lain.

Cocok bagi yang suka pelajaran matematika

Prospek karier : - Programmer atau pengembang perangkat lunak mulai dari mobile application, web, game, aplikasi.
- Perancang infrastruktur teknologi informasi
- Bidang cyber security
- Data scientist

3. Teknik Biomedis

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Jurusan ini disediakan untuk mengantisipasi perkembangan sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan. Lulusan jurusan ini dibutuhkan untuk membantu melakukan pemilihan, uji performansi, serta menyusun prosedur pemeliharaan dari berbagai peralatan kesehatan.

Selain itu keahlian ini juga terkait dengan inovasi pengembangan perangkat di industri serta penelitian dan eksplorasi peralatan kesehatan. Prospek lulusannya terbilang cerah karena jumlah rumah sakit dan klinik di Indonesia semakin banyak.

Cocok bagi kamu yang suka biologi, fisika, matematika, dan kimia.

Prospek karier : - Clinical engineer di rumah sakit .
- Industri kesehatan dan farmasi.
- Industri perangkat lunak

Selanjutnya
Halaman
1 2