2 Kali Bobol Kantor Dinas di Sidrap, Maling Gerobak dan 57 Sekop Ditangkap

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 17:33 WIB
poster
Ilustrasi pencurian (Edi Wahyono/detikcom)
Sidrap -

Polisi meringkus Irshan alias Iccang (31), pria yang mencuri barang-barang milik kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel). Polisi menyebut pelaku bahkan membobol kantor dinas dua kali pada kesempatan berbeda.

"Pelaku kami amankan tadi siang. Pelaku ini dia sudah dua kali mencuri di TKP," ujar Kasat Reskrim Polres Sidrap AKP Benny Pornika kepada detikcom, Rabu (24/6/2020).

Benny mengatakan Iccang pertama kali melakukan aksinya di kantor PSDA, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap, pada Minggu (21/4). Pelaku mencuri tiga unit laptop.

"Pelaku mencungkil pintu kantor dan masuk. Pelaku juga mencungkil pintu ruangan, brankas, lemari, serta laci meja dan mengambil barang berupa tiga buah laptop," terang Benny.

Berselang sehari, kata Benny, kantor Dinas PSDA kembali dibobol maling dan kehilangan tiga buah gerobak Artco beserta 57 sekop. Polisi pun mencurigai pencurian pada waktu yang berbeda itu dilakukan oleh orang yang sama.

"Dari hasil penyelidikan, diperoleh bahan keterangan bahwa barang berupa laptop, sekop, dan gerobak milik kantor Dinas PSDA Sidrap tersebut diduga dilakukan oleh lelaki Iccang," ucap Benny.

Hingga akhirnya, pelaku diringkus polisi di Kampung Arawa, Kecamatan Wattangpulu, Sidrap, sekitar pukul 13.00 Wita. Kepada polisi, kata Benny, pelaku mengakui dan menjelaskan cara ia beraksi.

"Tahap pertama dirinya melakukan pencurian tiga buah laptop dengan cara mencungkil dan merusak pintu kantor PSDA," sebutnya.

"Tahap kedua dilakukan dengan cara mengambil barang berupa sekop dan gerobak lalu mengangkutnya menggunakan mobil jenis Toyota Avanza hitam," tambah Benny.

(elz/ear)