PA 212 Minta Badan Kehormatan MPR Cari Pengusul RUU HIP

M Ilman Nafi'an - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 16:44 WIB
Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif
Ketua PA 212 Slamet Ma'arif (Zunita Amalia/detikcom)
Jakarta -

Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif meminta Badan Kehormatan MPR RI mencari tahu pengusul Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Diketahui, RUU HIP merupakan usul DPR.

"Kami pengin tahu siapa yang usul, orangnya yang mana? Badan Kehormatan MPR menyelidiki siapa, harus ketemu orangnya yang membawa usul, kemudian dasar fakta hukumnya, bukti dia ingin membawa kembali PKI baru," ujar Slamet dalam orasi di depan gedung DPR RI menolak RUU HIP, Rabu (24/6/2020).


Slamet menuding partai yang menyetujui pembahasan RUU HIP merupakan bagian dari PKI. Menurutnya, partai yang mencoba mengganti ideologi Pancasila harus dibubarkan.

"Kalau ada partai apa pun yang coba-coba mempraktikkan komunis, ingin mengganti Pancasila, berarti dia bagian dari neo," katanya.


Saat ini massa perwakilan pendemo sudah ada yang masuk ke gedung DPR RI untuk menyampaikan aspirasinya. Menurut informasi, perwakilan massa itu diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

"Perwakilan yang masuk informasinya diterima oleh Dasco, Wakil Ketua DPR," ujar salah satu orator.

Sebelumnya diberitakan, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) merupakan usulan DPR sehingga pemerintah tidak bisa mencabut usulan RUU tersebut. Meski begitu, pemerintah telah meminta penundaan pembahasan RUU HIP karena fokus penanganan virus Corona.

"Masalah proseduralnya supaya diingat bahwa RUU itu adalah usulan dari DPR, sehingga keliru kalau ada orang mengatakan kok pemerintah tidak mencabut. Ya tidak bisa dong kita mencabut usulan UU. Itu kan DPR yang usulkan. Kita kembalikan ke sana masuk ke proses legislasi di lembaga legislatif. Untuk itu, kita kembalikan ke sana, tolong dibahas ulang," ujar Mahfud di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (23/6).

(jbr/jbr)