UI Serahkan Ventilator Buatan Sendiri COVENT-20 ke Gugus Tugas COVID-19

Tiara Aliya Azzah - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 16:27 WIB
Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro (YouTube BNPB)
Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro (Foto: dok. YouTube BNPB)
Jakarta -

Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro menyerahkan lima unit mobile ventilator buatan UI bernama CONVENT-20 kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Nantinya ventilator lokal ini akan digunakan oleh rumah sakit dalam menangani pasien COVID-19.

"Baru saja tadi kami menyerahkan secara simbolis ventilator, mobile ventilator, kepada Bapak Letjen Doni Monardo untuk disumbangkan kepada RS-RS yang ada di Indonesia," kata Ari Kuncoro saat siaran langsung di kanal YouTube BNPB Indonesia, Rabu (24/6/2020).


Kemudian Ari menyebut CONVENT-20 merupakan hasil kolaborasi dari Fakultas Kedokteran UI dan Fakultas Teknik UI. Selain itu, dalam mengembangkan ventilator, UI mendapat suntikan dana dari pemerintah serta penggalangan donasi dari beberapa pihak.

"Mengenai COVENT-20, ini adalah suatu proses dari konsep, kemudian purwarupa prototipe, kemudian pengujian klinis, dan sampai pada pengujian kelayakan produksi. Jadi dari hulu ke hilir. Tapi yang menarik juga keterlibatan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Ristek dan Teknologi dengan Pak Menteri, untuk melakukan pendanaan," jelasnya.

Mobile ventilator buatan UI bernama CONVENT-20 diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (YouTube BNPB)Mobile ventilator buatan UI bernama CONVENT-20 diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Foto: dok. YouTube BNPB)



"Dan ada semangat kolaborasi. Seperti kita tahu, ini adalah kolaborasi dari Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran. Ini sebenarnya memenuhi yang namanya model triple helix. Ada pemerintah, ada akademi, kemudian di sini juga ada industri," sambungnya.


Ke depan, UI akan memproduksi 300 ventilator CONVENT-20. Nantinya, ventilator ini yang akan didonasikan kepada beberapa rumah sakit.

"Rencananya, nanti produksinya akan mencapai 300 dan akan diberikan kepada RS-RS dengan basis donasi," jelasnya.

(jbr/jbr)