Massa PA 212 dkk Padati Jalan Depan Gedung DPR, Polisi Tutup Arus Lalin

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 14:46 WIB
Polisi tutup arus lalin depan DPR demo PA 212 tolak RUU HIP
Jalan di depan gedung DPR ditutup. (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Aparat kepolisian menutup arus lalu lintas (lalin) Jalan Gatot Subroto di depan gedung MPR/DPR RI yang mengarah ke Slipi, Jakarta Pusat. Arus lalu lintas ditutup karena jumlah massa Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan ormas Islam lainnya semakin memadati jalan dalam rangka menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang diusulkan DPR.

Pantauan detikcom di depan gedung MPR/DPR, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, penutupan arus lalu lintas dilakukan pada pukul 14.00 WIB. Pengendara yang hendak mengarah ke Simpang Slipi dibelokkan ke arah Hotel Mulia dan nantinya diteruskan ke arah Palmerah, Jakarta Barat.

"Dialihkan lewat belakang DPR-MPR dan tembus Palmerah, Slipi, kalau mau yang ke arah barat (Jakarta Barat)," ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardji di lokasi.

Polisi tutup arus lalin depan DPR demo PA 212 tolak RUU HIPPolisi menutup arus lalin jalan depan DPR akibat demo PA 212 dkk (Ilman/detikcom)

Saat ini jumlah massa terus bertambah. Terlihat massa memadati jalan utama di depan gedung DPR RI dengan membawa sejumlah atribut.

Selain itu, sejumlah orator terus menyampaikan aspirasinya menggunakan pengeras suara. Mereka meminta DPR membatalkan pembahasan RUU HIP.

Sebelumnya, PA 212 dkk juga meminta bertemu dengan pimpinan DPR. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pimpinan DPR pasti akan mendengarkan masukan dari berbagai pihak.

"Ya dalam kebiasaan kita sekarang, pengunjuk rasa pasti kita terima untuk didengarkan masukannya, itu yang pertama," kata Dasco kepada wartawan, Rabu (24/6).

Pemerintah telah meminta pembahasan RUU HIP, yang merupakan RUU usulan DPR, ditunda. Pemerintah ingin DPR memperbanyak dialog dengan semua elemen.

"Terkait RUU HIP, pemerintah menunda untuk membahasnya dan meminta DPR sebagai pengusul untuk lebih banyak berdialog dan menyerap aspirasi dulu dengan semua elemen masyarakat," kata Menko Polhukam Mahfud Md dalam akun Twitter-nya, @mohmahfudmd, seperti dilihat detikcom, Selasa (16/6). Cuitan Mahfud diedit sesuai EYD.

Tonton video 'Tolak RUU HIP, FPI Cs Akan Demo di DPR 24 Juni':

(rfs/rfs)