Ingin Kuliah di Universitas Terbuka? Ini Biayanya

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 14:09 WIB
ilustrasi kelulusan
Foto: thinkstock
Jakarta -

Nama Universitas Terbuka (UT) bisa saja kurang populer. Namun perguruan tinggi yang didirikan pada 1984 ini merupakan pioner kuliah jarak jauh. Kini di masa pandemi COVID-19, kampus-kampus lainnya pun diharuskan menggelar pembelajaran jarak jauh demi mencegah penyebaran virus Corona.

Dikutip dari laman resminya, Universitas Terbuka memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu Program Pascasarjana. Universitas Terbuka menyelenggarakan 39 program studi yang terdiri dari 31 Program Sarjana, 2 Program Diploma, dan 6 Program Magister.

Universitas Terbuka membuka pendaftaran mahasiswa baru sepanjang tahun. Untuk tahun ajaran 2020/2021 dibuka sampai 15 Juli 2020. Kemudian dibuka lagi pada 10 Agustus 2020 sampai 13 Januari 2021. Registrasi dapat dilakukan di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) yang terdapat di 39 kota di seluruh Indonesia atau melalui pendaftaran daring (online).

Sementara biaya kuliah tergantung kombinasi paket yang diambil dan fakultas yang dipilih. Terdapat Sistem Paket Semester (SIPAS) Plus, SIPAS Penuh, SIPAS Semi, SIPAS Tutorial Tatap Muka (TTM), SIPAS Sarjana Online, dan Non SIPAS. Biaya sistem paket ini pada sudah termasuk bahan ajar. Bedanya untuk SIPAS Non TTM tak termasuk TTM.

TTM merupakan program dimana mahasiswa bisa bertemu tutor secara langsung. Satu mata kuliah per semester ada 8 kali pertemuan. Untuk SIPAS Plus dan Penuh, TTM diwajibkan untuk seluruh mata kuliah. Sementara SIPAS Semi maksimal untuk tiga mata kuliah. SIPAS Plus juga dilengkapi dengan pelatihan pengembangan diri.

Selanjutnya
Halaman
1 2