Cegah Penyebaran Corona, Lokasi UTBK-SBMPTN 2020 Akan Diperbanyak

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 14:06 WIB
Ilustrasi memilih PTN, jalur mandiri PTN, SBMPTN
Gambar ilustrasi (Nadia Permatasari/detikcom)
Jakarta -

Dalam kondisi pandemi COVID-19, pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain harus dibatasi guna mencegah penyebaran virus. Merespons kondisi wabah, lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 akan diperbanyak supaya peserta dari suatu daerah tidak perlu bepergian ke daerah lain.

"Kalau dulu terpusat di beberapa lokasi saja, maka tahun ini kami melakukan penyebaran di berbagai lokasi tes, baik kabupaten maupun kota, untuk bisa melayani peserta sebaik-baiknya," kata Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, dalam jumpa pers virtual LTMPT, Selasa (24/6/2020).

Ada 74 pusat UTBK-SBMPTN 2020 di perguruan tinggi negeri yang sudah siap menjadi tempat tes. Namun di luar itu, pusat-pusat UTBK telah bekerja sama dengan mitra perguruan tinggi swasta maupun sekolah-sekolah SMA/SMK supaya gedung perguruan tinggi swasta maupun gedung sekolah bisa membantu menyelenggarakan UTBK-SBMPTN 2020.

Peserta yang bisa mengikuti UTBK di kabupaten/kotanya sendiri tanpa harus pergi ke kabupaten/kota atau provinsi lain adalah peserta yang berada di luar provinsi, peserta yang berada di daerah dengan status zona merah, atau pusat UTBK berada di zona merah.

"Kawan-kawan di daerah akan difasilitasi untuk dapat ikut UTBK di daerah masing-masing, sehingga tidak ada migrasi antardaerah. Ini akan kita implementasikan dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya," kata Nasih.

Tonton juga video 'Jokowi Ingatkan Ancaman COVID-19 Belum Berakhir':