Massa Aksi PA 212 dkk Padati Depan DPR, Kendaraan Dialihkan ke Busway

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 13:59 WIB
Massa Aksi PA 212 dkk Padati Depan DPR, Kendaraan Dialihkan ke Busway (Foto: Ilman/detikcom)
Massa Aksi PA 212 dkk Padati Depan DPR, Kendaraan Dialihkan ke Busway (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan sejumlah ormas Islam memadati depan gedung DPR RI. Imbasnya, jalur depan DPR pun tak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Pantauan di lokasi, pukul 13.00 WIB, massa aksi tolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang diusulkan DPR itu tampak memadati depan gedung DPR RI, Jakarta. Lantaran jalur dipadati massa, mobil dan motor pun diarahkan melintas di jalur bus TransJakarta atau busway.

Akibatnya, lalu lintas di depan Jalan Gatot Subroto menuju Slipi pun menjadi tersendat. Kepadatan kendaraan terlihat setidaknya hingga 1 kilometer. Sedangkan arus lalu lintas sebaliknya normal.

Petugas kepolisian pun tampak mengatur lalu lintas di kawasan ini. Petugas kepolisian lainnya juga berjaga mengamankan aksi.

Massa Aksi PA 212 dkk Padati Depan DPR, Kendaraan Dialihkan ke Busway (Foto: Ilman/detikcom)Massa Aksi PA 212 dkk Padati Depan DPR, Kendaraan Dialihkan ke Busway (Ilman/detikcom)

Pengalihan arus lalu lintas ini sebelumnya disebut Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardji situasional. Apabila terjadi pengalihan, pengendara akan dibelokkan ke belakang gedung DPR RI.

"Ini kalau jalan ditutup dialihkan lewat belakang DPR-MPR dan tembus Palmerah-Slipi kalau mau yang ke arah barat," ujar Lilik, Rabu (24/6/2020).

Tonton juga video 'Tolak RUU HIP, FPI Cs Akan Demo di DPR 24 Juni':

(mae/mae)