Penerbangan Berangsur Normal, Ribuan Orang Keluar dari Timika

Saiman - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 13:32 WIB
Sejak pelayanan penerbangan komersil dibuka tanggal 14 Juni kemarin, sampai sekarang sudah ada dua ribuan lah orang keluar Timika,
Suasana di Bandara Mozes Kilangin Timika, 24 Juni 2020. Foto: Saiman/detikcom
Timika -

Layanan transportasi penerbangan keluar masuk Timika Papua perlahan normal, setiap calon penumpang yang hendak keluar dari Timika wajib menunjukkan dokumen berupa surat keterangan kesehatan bebas COVID-19 dari Gugus Tugas Pemda Mimika, mengikuti pemeriksaan suhu badan dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card).

Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Mozes Kilangin Timika terus melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan para penumpang baik yang hendak berangkat ke luar Timika maupun yang baru tiba di Timika.

Tim pemeriksaan dari KKP dr Satria T.P mengatakan untuk penumpang yang akan meninggalkan Timika melalui Bandara Timika tim kesehatan akan mengecek surat keterangan bebas COVID-19 yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan PCR dan surat pernyataan siap mengikuti protokol kesehatan dan siap diawasi oleh tim gugus tugas Pemkab Mimika dan mereka diwajibkan sudah berada di Bandara Mozes Kilangin Timika empat jam sebelum keberangkatan.

"Kami melaksanakan tugas guna memastikan (memvalidasi) setiap orang yang akan keluar dari Timika melalui bandara Mozes Kilangin dipastikan memiliki dokumen-dokumen yang diwajibkan oleh dinas terkait, terkait Covid-19, bagi yang tidak bisa menunjukkan dokumen maka sudah tentu akan dilarang terbang, karena itu syaratnya," Kata dr Satria ketika ditemui di sela memeriksa dokumen calon penumpang di Bandara Mozes Kilangin Timika, Rabu (24/6/2020).

Pantauan di lapangan, di pintu masuk ruang tunggu Bandara Mozes Kilangin Timika, petugas Dinkes Mimika bersama KKP, pihak UPBU (Unit Penyelenggara Bandar Udara) Mozes Kilangin dan perwakilan maskapai akan mengecek dokumen penumpang, antara lain surat keterangan kesehatan bebas COVID-19 dari Gugus Tugas Pemkab Mimika, penumpang wajib mengikuti pemeriksaan suhu badan dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan Health Alert Card (HAC) sebelum masuk ke ruang tunggu dan disemprot desinfektan.

Petugas menyemprot cairan disinfektan ke barang yang dibawa pengguna bandara. Foto: Saiman/detikcom

Sementara itu, Kepala Seksi Teknis Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara UPBU Mozes Kilangin Timika, Anton Pasoro mengatakan, sejak dibuka Minggu 14 Juni 2020 penerbangan keluar masuk Timika perlahan normal. Sejak dibuka, sudah ada dua ribuan orang keluar dari Timika.

"Sejak pelayanan penerbangan komersil dibuka tanggal 14 Juni kemarin, sampai sekarang sudah ada dua ribuan lah orang keluar Timika," Kata Anton ditemui di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Anton menambahkan, setiap calon penumpang wajib mengikuti aturan pemerintah seperti menunjukkan dokumen kesehatan, dan protokol kesehatan.

"Hal yang sama dilakukan oleh tim kesehatan dari KKP yang ada di bandara, kami juga memvalidasi, apakah penumpang sehat dan bebas dari Covid dengan menunjukkan surat-surat yang di tentukan, jika tidak maka mereka tidak akan di ijinkan melakukan perjalanan," Tambah Anton.

Kata Anton, Dinkes Mimika juga telah memasang satu peralatan chamber disinfektan pada pintu masuk terminal penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan.

Setiap penumpang yang baru turun dari pesawat akan melalui peralatan tersebut dan akan disemprotkan cairan disinfektan bersama barang bawaannya sebelum masuk ke ruang pengambilan bagasi.

(tor/tor)