Massa Penolak TKA China Masih Bertahan di Sekitar Bandara Haluoleo Kendari

Sitti Harlina - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 21:42 WIB
Massa aksi masih bertahan di sekitar Bandara Haluoleo Kendari, Selasa (23/6/2020).
Massa aksi masih bertahan di sekitar Bandara Haluoleo Kendari. (Sitti Harlina/detikcom)
Kendari -

Gelombang pertama tenaga kerja asing (TKA) asal China sudah tiba di Bandara Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun massa mahasiswa yang berunjuk rasa untuk menolak kedatangan TKA China masih bertahan di sekitar Bandara Haloleo.

Pantauan detikcom, Selasa (23/6/2020), para TKA China tiba di Bandara Haluoleo sekitar pukul 20.30 Wita. Para TKA China itu keluar dari pintu kedatangan, hendak meninggalkan bandara secara bertahap.


Begitu keluar dari pintu kedatangan, para TKA langsung diarahkan menuju kendaraan yang sudah disiapkan. Mereka dibagi sekitar 5-6 orang.

Hingga pukul 22.00 Wita, massa mahasiswa masih bertahan di perempatan Bandara Haluoleo. Mereka melakukan aksi bakar ban. Polisi mengawal aksi mereka.

"Kita akan tetap berada di sini, kita kawal ini kedatangan TKA. Kita akan buktikan bahwa secara tegas kita menolak, kita konsisten," teriak salah seorang anggota massa aksi.

Massa aksi melakukan aksi bakar ban, menolak kedatangan TKA China di Kendari, Sultra, Selasa (23/6/2020).Massa aksi melakukan aksi bakar ban. (Sitti Harlina/detikcom)

Gelombang pertama TKA China tiba di Kendari menggunakan pesawat sewaan. Pesawat carteran yang membawa gelombang pertama itu sempat transit di Kota Manado sebelum tiba di Kendari.

"Ini baru sampai, gunakan pesawat carter Lion," kata Kepala Bandara Haluoleo, Safruddin, kepada wartawan di lokasi, Selasa (23/6).

"Tidak ada perlakuan khusus, sama seperti penumpang biasa. Kan sudah ada petugas dari KKP yang memeriksa dokumen kesehatannya," imbuhnya.

Unjuk rasa untuk menolak kedatangan TKA China di Kendari sudah berlangsung sejak siang tadi. Mahasiswa dari berbagai elemen hingga anggota DPRD di Kota Kendari berunjuk rasa di jalan masuk menuju Bandara Haluoleo.

(zak/zak)