Tangkap Pelaku Penggelapan, Polres Musi Banyuasin Malah Temukan 1 Kg Sabu

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 17:44 WIB
Polres Musi Banyuasin tangkap pengedar sabu
Polres Musi Banyuasin tangkap pengedar sabu. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Seorang pengedar sabu asal Muara Enim, Sumatera Selatan, ditangkap polisi di Musi Banyuasin. Pria berinisial FI (50) itu tertangkap tangan memiliki 1 kg sabu siap edar saat polisi melakukan penindakan terkait kasus penggelapan.

"Awalnya kami dapat informasi ada salah satu pelaku penggelapan kendaraan dan ada di Bayung Lencir. Dari informasi awal itu jajaran Polsek bergerak," kata Kapolres Musi Banyuasin AKBP Yudhi Surya Makus Pinem, Selasa (23/6/2020).

Tim yang dipimpin Kapolsek Bayung Lencir AKP Jonroni Hasibuan itu melihat pelaku FI di salah satu minimarket. Selanjutnya pelaku disergap dan diperiksa semua barang yang dibawanya, Sabtu (20/6), pukul 14.00 WIB.

Dari pemeriksaan di tubuh, ditemukan ada bungkusan mencurigakan. Saat diperiksa, bungkusan itu ternyata berisi paket plastik hitam yang berisi sabu.

"Saat digeledah itu ditemukan paket yang dilakban. Setelah diperiksa isinya ternyata sabu dengan berat sekitar 1 kg," sambung Yudhi.

Selanjutnya, pelaku dan barang bukti sabu dibawa ke Mapolsek. Dari hasil interogasi, FI mengaku sudah 2 kali mengambil dan mengedarkan barang haram tersebut.

"Pengakuan awal pelaku bawa 1,2 kg dan telah diedarkan di Muara Enim sama Pali. Barang ini juga akan diedarkan di wilayah yang sama," tutur Yudhi.

Polisi lalu mengembangkan asal-usul sabu tersebut. Termasuk jaringan FI dan siapa saja yang terlibat.

Terakhir, Alumni Akpol 2000 ini menyebut pihaknya sudah menyelamatkan sekitar 4.000 jiwa. Sementara pelaku dijerat UU Narkotika dan pidana tambahan soal penggelapan yang dilakukan di wilayah Muara Enim.

(ras/elz)