Ketua DPRD Tak Akan Mau Jual Saham Bir, Pemprov DKI Siap Komunikasi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 15:04 WIB
Balai Kota DKI, Balai Kota Pemprov DKI, Pemprov DKI
Balai Kota DKI (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi menyatakan tidak akan menyetujui penjualan saham PT Delta Djakarta selaku produsen Anker Bir. Pemprov DKI Jakarta akan terus berkomunikasi agar niat penjualan saham disetujui.

Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Faisal Syafruddin menyebut saham tidak akan bisa dijual tanpa seizin dari DPRD. Karena itu, penjualan saham PT Delta sampai saat ini belum terlaksana.

"Intinya, proses penjualan itu harus ada izin dari Dewan. Selama izin dari Dewan itu belum kita terima, kita tidak bisa diproses," kata Faisal di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Pemprov DKI Jakarta masih memiliki niat untuk menjual saham PT Delta. Faisal berharap Dewan bisa menyetujui rencana tersebut.

"Kita akan komunikasi dengan Dewan supaya ini bisa direalisasikan," ucap Faisal.

Sebelumnya, Prasetio Edi Marsudi kembali menegaskan tidak akan menjual saham PT Delta Djakarta.

"Pak Faisal (Kepala BP BUMD DKI Jakarta) juga ngomong ke Pak Gubernur, jangan paksa saya. Selama saya Ketua DPRD, nggak bakal saya jual (saham PT Delta)," ucap Prasetio saat rapat kerja dengan eksekutif di Komisi B DPRD DKI, Jakarta, Selasa (23/6).

Bagi Prasetio, dengan kepemilikan saham di PT Delta, pemerintah bisa mengawasi peredaran bir. Akan ada kesulitan pengawasan jika pemerintah melepas saham PT Delta.

"Bagaimana mengukur orang minum bir sampai tingkat RT/RW. Kalau itu dijual, lost control akhirnya Jakarta gubrak, anak kecil bisa minum bir," ucap politikus PDIP ini.

(aik/gbr)