Cerita Kesederhanaan Serda Saputra yang 4 Anak Lelakinya Ingin Jadi TNI

Wilda Nufus - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 14:07 WIB
Makam Serda Saputra
Makam Serda Saputra (Tim detikcom)
Jakarta -

Anggota Babinsa Pekojan Tambora, Kodim Jakarta Barat, Serda Saputra tewas akibat ditusuk oknum Marinir TNI AL di depan hotel di kawasan Jakarta Barat. Kejadian ini menyisakan luka yang mendalam bagi rekan-rekan yang mengenalnya.

Dandim 0503/Jakarta Barat Kolonel Kav Valian Wicaksono mengungkapkan sosok Serda Saputra adalah prajurit TNI yang bertanggung jawab serta turut aktif dalam kegiatan sosial. Perangainya yang baik dalam menjalankan tugas membuat Serda Saputra diterima oleh masyarakat.

"Yang bersangkutan adalah prajurit yang bertanggung jawab terhadap tugasnya. Tugas apa pun yang diberikan oleh pimpinan maupun institusi Angkatan Darat ini pasti secara optimal beliau kerjakan, beliau laksanakan, sesuai dengan kapasitasnya sebagai Babinsa, baik dalam hubungan kedinasan maupun melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial," kata Valian kepada wartawan di Kodim 0503/JB, Jalan S. Parman, Jakarta Barat, Selasa (23/6/2020).

Selama menjalankan tugasnya sebagai Babinsa, Serda Saputra diterima oleh warga.

"Di wilayah juga sangat baik, sangat diterima juga sama masyarakat di wilayahnya di Kelurahan Pekojan, Tambora," ucap Valian.

Dia menuturkan, Serda Saputra selalu menjalankan tugas secara optimal. Serda Saputra, kata Valian, rajin mengikuti kegiatan sosial juga melakukan imbauan pencegahan virus Corona (COVID-19) di lingkungan masyarakat.

"Beliau terhadap semua tugas yang diberikan pasti dia laksanakan tugas itu secara optimal, seperti pada saat-saat ini kan kita aktif melaksanakan kegiatan pencegahan COVID ini, beliau sangat berperan serta aktif dengan tiga pilar yang ada, baik melakukan sosialisasi kepada masyarakat, imbauan kepada masyarakat, maupun penegakan disiplin kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," tuturnya.

Dandim Jakarta Barat, Kolonel Kav Valian WicaksonoDandim Jakarta Barat Kolonel Kav Valian Wicaksono (Wilda Nufus/detikcom)

"Maupun kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial, seperti distribusi bantuan sosial, baik dari pemerintah, juga yang bersangkutan almarhum ini selalu tampil, selalu ikut serta di dalamnya," sambung Valian.

Serda Saputra meninggalkan empat orang anak laki-laki dan satu istri. Valian menyebut anak pertamanya kelas II SMA dan anak terakhir berumur 8 tahun.

"Almarhum ini punya empat anak, satu orang istri. (Anak) yang tertua saat ini kelas II SMA, karena dia mau naik proses kelas III, kemudian yang paling kecil umur 8 tahun. Seluruhnya laki-laki," jelas Valian.

Tonton juga video 'Wakapolres Karanganyar Diserang, Kapolda: Pelaku Dilumpuhkan':

Selanjutnya
Halaman
1 2