Lebih Aman, Kebakaran Bisa Disekat Pakai Pintu Baja Elpisdoor Ini

Content Promotion - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 10:02 WIB
Elpisdoor
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pemerintah di Eropa mewajibkan penggunaan pintu tahan api yang bermaterial baja untuk properti seperti rumah atau apartemen. Kebijakan tersebut diterapkan bermula dari sebuah peristiwa kebakaran besar atas sebuah apartemen di London yang dikenal sebagai Grenfell Tower Fire pada Juni 2017.

Peristiwa Grenfell Tower Fire memakan korban meninggal hingga 72 orang serta menghanguskan apartemen berlantai 23, sehingga ini menjadi pelajaran kala sebuah bangunan terjadi kebakaran, maka sekat penghambat kebakaran menjadi sangat vital untuk memblok area kebakaran tersebut.

Sebuah studi White Rose Research mengungkapkan apabila terjadi kebakaran, kemampuan sebuah pintu berbahan kayu atau sejenis hanya mampu menahan api selama maksimal 2 menit, dan korban akan jatuh setelah menghirup asap kebakaran hanya dalam waktu 5 menit. Selain itu hasil studi ini juga menunjukkan bahwa ketika terjadi kebakaran, 50% korban meninggal adalah akibat menghirup asap.

Nah, berangkat dari peristiwa Greenfell Tower Fire serta hasil studi di atas, peranan pintu tahan api (fire proof steel door) pada sebuah bangunan sangat penting. Penggunaan pintu tahan api sudah diterapkan di beberapa negara, seperti Korea, Jepang serta negara-negara di Eropa, di mana setiap bangunan high rise building wajib menggunakan pintu tahan api hingga minimum 1 jam.

Dampak positif dari peraturan ini antara lain, pertama, ketika terjadi peristiwa kebakaran, titik api hanya terblok pada satu area dalam satu ruangan yang terbakar saja. Kedua, tim rescue pemadam kebakaran akan lebih mudah untuk menguasai kebakaran. Ketiga, kerugian dapat diminimalisir karena sebaran api dapat dihambat dengan pintu tahan api (fire proof steel door).

Sementara itu, sebagian besar kota di Indonesia pada umumnya merupakan kota dengan dengan padat penduduk. Hunian dengan bentuk high rise building seperti rumah susun dan apartemen mulai diminati sejak 10 tahun terakhir.

Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa proteksi atas kemungkinan terjadi kebakaran massif hampir tidak ada, karena pada umumnya pintu-pintu apartemen dan rumah susun yang dibangun masih terbuat dari engineering wood yang sifatnya combustible material yang mana justru mempercepat penyebaran api. Maka saat ini, tinggal di apartemen di Indonesia memiliki risiko yang sangat tinggi apabila terjadi kebakaran.

Pintu tahan api (fire proof steel door) dan anti rayap adalah jawaban atas kekhawatiran risiko yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat. Kehadiran Pintu Tahan Api ELPISDOOR, yang merupakan pintu baja berkualitas tinggi, sudah tersertifikasi dan memiliki standardisasi internasional menjadi jawaban atas kebutuhan pintu utama bagi apartemen, hotel, rumah, perkantoran, rumah sakit, sekolah maupun fasilitas umum lainnya.

ElpisdoorKoleksi Elpisdoor/Foto: Dok. Elpisdoor

Pintu Tahan Api ELPISDOOR adalah pintu dengan kualitas dan ketahanan produk yang sudah diuji coba langsung mampu menahan api 1-2 jam oleh instansi terkait antara lain: SUCOFINDO dan memenuhi persyaratan Tingkat Ketahanan Api (TKA) -06/05 sesuai SNI 1741-2008) dan DAMKAR Laboratorium Pemadam Kebakaran untuk Tingkat Ketahanan Api (TKA) -/120/3) .

Beberapa keunggulan Pintu Tahan Api ELPISDOOR yang utama yaitu frame dan daun pintu terbuat dari Electro Galvanized Steel (EGI) serta daun pintu dilengkapi dengan peredam berkualitas anti api seperti honeycomb, mineral wool dan TM Board.

Frame juga dilengkapi dengan fire proof gasket yang berfungsi untuk menghilangkan suara benturan saat pintu ditutup. Produk ini didesain dengan teknologi Korea yang mampu menahan panas lebih dari 1 jam pada suhu 1000 derajat celcius.

ELPISDOOR juga memiliki banyak pilihan model dan warna yang luxury, modern, excellent, Eco green yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada apartemen, hotel, rumah, perkantoran, rumah sakit, sekolah maupun fasilitas umum lainnya.

Pintu Tahan Api ELPISDOOR juga mendukung program pemerintah dengan kehadiran produk ramah lingkungan (go green), bisa didaur ulang dan harga yang terjangkau.

Selain memberikan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen, kehadiran Pintu Tahan Api ELPISDOOR tentu saja menjadi nilai tambah bagi para pengusaha/developer karena tingkat kepercayaan calon pembeli menjadi lebih kuat, karena properti yang dibeli sudah menggunakan pintu yang memiliki standar keamanan maksimum, luxury dan dapat dilengkapi dengan kunci digital lock door.

Untuk keterangan informasi lebih mengenai ELPISDOOR, bisa diklik di website resmi www.elpisdoor.co.id.

(ads/ads)