Dandim Jakbar: Penusuk Prajurit TNI Mengaku Perwira, Diselidiki POM AL

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 09:06 WIB
ilustrasi pembunuhan
Ilustrasi (dok. detikcom)
Jakarta -

Penusuk prajurit TNI di depan hotel kawasan Tambora, Jakarta Barat (Jakbar), telah ditangkap Polisi Militer TNI Angkatan Laut (POM AL). Pelaku diduga merupakan oknum anggota TNI AL.

"Iya, betul. Jadi begini, dia mengaku perwira (TNI AL) begitu, kan," kata Komandan Kodim (Dandim) 0503 Jakarta Barat Kol (Kav) Valian Wicaksono kepada detikcom, Selasa (23/6/2020).

Oknum TNI AL terduga pelaku penusukan saat ini masih diamankan oleh POM TNI AL. Terduga pelaku masih dilakukan penyelidikan oleh POM TNI AL.

"Mengaku perwira, sehingga proses penyelidikan lanjutan kan ya melibatkan Polisi Militer, ya. Kami koordinasikan begitu dari POM AD dengan POM TNI AL, begitu," ujar Valian.

Proses penyelidikan sepenuhnya ditangani oleh POM TNI AL. Valian mengatakan menunggu hasil pemeriksaan untuk memastikan kejadian penusukan tersebut.

"Kalau nanti lanjutannya, prosesnya, nanti kan masih berproses penyelidikan. Nanti mungkin informasinya bisa dikonfirmasi ke POM AL atau (TNI) Angkatan Laut. Karena mereka yang nanti melanjutkan pemeriksaan dan sebagainya. Kita nanti menunggu hasil," ucap Valian.

Korban penusukan itu telah meninggal dunia, bernama Serda Saputra. Korban merupakan anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pekojan Tambora, Kodim 0503/JB. Pelaku ditangkap dan dibawa aparat ke tempat pemeriksaan pada Senin (22/6) pagi.

"Kemarin pagi langsung diamankan," kata Valian.

Lokasi penusukan ada di depan Hotel Mercure, Tambora, Jakarta Barat. Serda Saputra mengalami luka tusukan benda tajam oleh orang tak dikenal yang sempat mengamuk di hotel tersebut. Serda Saputra ditusuk saat berusaha melerai kedua pihak yang bersitegang di depan pintu hotel.

"Dia meninggal karena ditusuk," ujar Valian Wicaksono sebelumnya, Senin (22/6), seperti dilansir Antara.

(rfs/fjp)