John Kei Kembali Ditangkap, Menkum: Sebelum Bebas Bersyarat Dia Baik

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 17:24 WIB
John Kei dan para napi ibadah perayaan Natal di gereja Lapas Permisan, Nusakambangan, Cilacap.
John Kei (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Jakarta -

John Refra atau John Kei kembali ditangkap polisi dalam kasus penembakan di Green Lake City, Tangerang. Menkum HAM Yasonna Laoly mengatakan akan menunggu hasil penyelidikan polisi untuk menentukan tindakan terhadap John Kei yang sebelumnya mendapatkan bebas bersyarat pada Desember 2019 lalu.

"Dia masih pembebasan bersyarat, tahun lalu kita keluarkan pembebasan bersyarat. Nah, dia baru berakhir 2025 bebas murni. Tapi ada kejadian ini, kita tunggu dulu bagaimana polisinya," ujar Yasonna di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Yasonna mengatakan pihaknya menganut azas praduga tak bersalah. Namun, jika John Kei ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, dirinya akan mendapatkan tambahan hukuman.

"Kita kan anut azas praduga tak bersalah. Kalau polisi menyatakan (John Kei) tersangka, maka dia sudah melanggar ketentuan pembebasan bersyarat. Jadi dia nanti disamping menjalankan hukuman lama, ditambah dengan tindak pidana baru," jelas Yasonna.

Yasonna pun menyesalkan kejadian di Green Lake City yang melibatkan John Kei. Pihak Kemenkum HAM pun disebutnya akan menunggu hasil dari kepolisian.

"Kita sesalkan kejadian ini. Dulunya sebelum pembebasan bersyarat, baik, sudah ini. Tiba-tiba mungkin entahlah apa yang membuat ini, kalau betul nanti dia terlibat di sini, kita serahkan dulu ke polisi, kita tunggu dulu polisi bagaimana status beliau," ujarnya.

Sebelumnya, pada tanggal 26 Desember 2019, John Kei mendapat bebas bersyarat dari Menkum HAM Yasonna Laoly atas kasus pembunuhan pengusaha Tan Hari Tantono alias Ayung. Selama menjalani masa pidana, John Kei mendapat total remisi 36 bulan 30 hari dan bisa bebas pada 31 Maret 2025.

Pada Minggu (21/6), Polda Metro Jaya mengamankan 25 orang, termasuk John Kei, terkait dua peristiwa, yaitu penembakan di Perumahan Green Lake dan pembacokan di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakbar. Polisi menyebut dua peristiwa itu saling berkaitan.

Tonton juga video 'Kronologi Perseteruan John Kei vs Nus Kei yang Menelan Korban':

(azr/gbr)