Akun Facebook Milik Kadis Perindag Tojo Unauna Sulteng Dipolisikan

M Qadri - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 16:38 WIB
Ketua Pajero Indonesia Tadulako, Samsurijal Labatjo.
Foto: Ketua Pajero Indonesia Tadulako, Samsurijal Labatjo (baju merah). (Dok. Istimewa)
Palu -

Ketua Pajero Indonesia Tadulako, Sulawesi Tengah (Sulteng), Samsurijal Labatjo melaporkan akun Facebook (FB) bernama Moh Kusno atas dugaan pencemaran nama baik. Akun FB tersebut milik Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Moh Kusno.

"Hari ini, Senin 22 Juni 2020, kami melaporkan secara resmi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulteng terkait dugaan kasus pencemaran nama baik oleh akun Facebook dengan nama akun Moh Kusno di Facebook, dengan nama pemilik akun Moh Kusno, yang saat ini menjabat sebagai Kadis Perindagkop Touna," kata Samsurijal kepada detikcom, Senin (22/6/2020) siang.


Samsurijal menjelaskan laporan tersebut didasari atas komentar akun Moh Kusno yang menyebut akun FB Pione Tadulako, yang merupakan milik Samrurijal, adalah akun 'biji k***t' menggunakan nama Tadulako, yang artinya adalah pemimpin.

"Komentar itu ia sampaikan ketika saya memberikan komentar pada akun E-Win terkait adanya perdebatan antara rakyat dengan pejabat di media sosial. Kemudian akun Moh Kusno menjawab komentar dengan kata-kata yang tidak menyenangkan, yang mana saya merasa ini merupakan penghinaan dan pencemaran nama baik." tutur Samsurijal.

Kadis Perindag Kabupaten Touna, Moh Kusno mengakui kalau akun FB bernama Moh Kusno yang dilaporkan ke polisi merupakan miliknya. Namun, dia belum memberikan penjelasan secara rinci.

"Benar bahwa akun Moh Kusno itu akun pribadi saya. Namun sebelumnya saya tidak mengetahui pemilik akun itu (Pione Tadulako) adalah Samsurijal, karena nama akunnya beda. Kalau secara detail sebentar saya telepon kembali," sebut Kusno saat dimintai konfirmasi.

(zak/zak)