7 Fakta John Kei yang Kembali Ditangkap Polisi

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 14:07 WIB
Polda Metro Jaya menggelar jumpa pers terkait kasus penembakan di Perumahan Green Lake, Tangerang. Dalam jumpa pers ini, John Kei dkk dipamerkan.
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

John Kei kembali berurusan dengan polisi. Kali ini dia turut ditangkap saat polisi memburu terduga pelaku pembunuhan di daerah Pertigaan ABC, Duri Kosambi, Jakarta Barat dan penyerangan rumah di Green Lake, Tangerang, pada Minggu (21/6/2020).

Padahal John Kei baru enam bulan mendapatkan pembebasan bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Permisan, Nusakambangan, Jawa Tengah. John Kei yang memiliki nama asli John Refra ini divonis 16 tahun atas kasus pembunuhan bos Sanex Steel, Tan Harry Tantono pada 2013 lalu.

Bagaimana perjalanan hidup pria yang lahir di Kei, Maluku Tenggara, ini?

1. Modal nekat merantau dari Kei ke Surabaya
John Kei pertama kali merantau keluar dari kampung halamannya saat berusia 18 tahun. Keinginannya terbebas dari kemiskinan membuatnya nekat naik kapal penumpang dengan tujuan Surabaya tanpa uang sepeser pun. Dia sempat hidup menggelandang di Surabaya. Kemudian dua tahun kemudian memutuskan pindah ke Ibu Kota, Jakarta.

2. Pertama kali masuk penjara pada 1992
Saat bekerja sebagai tenaga pengamanan di sebuah tempat penginapan di Jalan Jaksa, Jakarta John Kei terlibat keributan dengan sekelompok orang. Bersenjata parang, dia membunuh salah seorang lawannya. John dihukum tiga tahun penjara atas kejahatan yang dilakukannya itu.

3. Mendirikan Angkatan Muda Kei
Untuk mempersatukan anak-anak muda dari kampung halamannya yang merantau di Jakarta, John Kei mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Angkatan Muda Kei. Dia didapuk menjadi ketua. Sejak saat itu pengikutnya bertambah banyak.

John Kei Ribut dengan Nus Kei Gegara Uang:

Selanjutnya
Halaman
1 2