Polisi Ungkap Pembagian Peran Kelompok John Kei untuk Bunuh Nus Kei

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 13:13 WIB
Polda Metro Amankan John Kei dkk Terkait Penembakan di Green Lake City
Polda Metro Amankan John Kei dkk Terkait Penembakan di Green Lake City (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap adanya pemufakatan jahat John Kei dan anak buahnya untuk membunuh Nus Kei. Polisi mengatakan kelompok John Kei pun berbagi peran dalam rencana pembunuhan tersebut.

Pemufakatan jahat itu diketahui setelah polisi memeriksa ponsel para pelaku. Di situ, ditemukan adanya perintah pembunuhan terhadap Nus Kei oleh John Kei.

"Ada perintah dari saudara John Kei kepada para anggotanya, indikator dari pemufakatan jahat, yaitu adanya perencanaan pembunuhan terhadap Saudara NK (Nus Kei) dan ER ya, ER atau YDR," kata Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana dalam jumpa pers virtual, Senin (22/6/2020).

Nana mengungkapkan, dalam percakapan itu, kelompok John Kei juga membagi peran. Ada yang mencari Nus Kei di rumahnya di Green Lake, Tangerang, ada pula yang bertugas mencari EDR.

"Kemudian ada juga pembagian tugas atau pembagian peran, jadi mereka ini sudah merencanakan dengan sasaran tadi NK kemudian juga sasaran EDR, juga ada juga yang bertugas mencari sasaran lain atau melakukan pengamanan, itulah indikator permufakatan jahat itu," tuturnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengungkap motif penembakan di perumahan Green Lake City dan pembacokan di Duri Kosambi, Jakarta Barat. Polisi menyebut penyerangan itu berawal dari konflik antara kelompok John Kei dan saudaranya bernama Nus Kei mengenai pembagian hasil penjualan tanah.

"Motif ini adalah sesama, sebenarnya masih bisa dikatakan mereka masih keluarga antara John Kei dan Nus Kei. Ini dilandasi atas permasalahan pribadi antara saudara John Kei dan Nus Kei terkait adanya ketidakpuasan dalam hal ini pembagian uang hasil penjualan tanah," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana saat menggelar jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Senin (22/6).

Video Penggerebekan Markas Kelompok John Kei di Bekasi:

(mae/fjp)