Ikuti Google Maps untuk Pergi ke Vila, Dua Bule Ini Malah Nyasar ke Hutan

Angga Riza - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 11:43 WIB
Bule yang teresat di Hutan Bukit Catu, Karangasem, Bali
Bule yang teresat di Hutan Bukit Catu, Karangasem, Bali. (Foto: dok. Istimewa)
-

Dua warga negara asing (WNA) asal Amerika Serikat (AS) bernama Roland dan Ridge tersesat di Hutan Bukit Catu, Manggis, Karangasem, Bali. Keduanya hendak pergi ke vila di Canggu, tapi nyasar karena mengikuti arah Google Maps. Bagaimana ceritanya?

Kepala Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan awalnya kedua bule itu berangkat menuju vila pada Minggu (21/6) sore. Mereka menggunakan Google Maps sebagai petunjuk arah. Namun hingga malam hari, mereka tersesat dan tak menemukan jalan.

Merasa panik, kedua bule itu kemudian meminta pertolongan kepada temannya. Tim Basarnas dengan Polsek setempat pun melakukan pencarian hingga menemukan mereka.

"Dia cuman sore hari itu aja sampai malam itu, ditemukan malam itu juga sama teman-teman Polsek. Ditipu Google Maps dia, ya mau ke Pererenan Villa di Canggu itu tahunya diarah Google Maps ke sana masuk kampung-kampung kecil jalan setapak sampai ke hutan," kata Darmada, Senin (22/6/2020).

"Mereka panik karena merasa tersesat dan hari mulai gelap, selanjutnya salah seorang segera menghubungi temannya, Isabela, untuk meminta pertolongan," ujarnya.

Menurut Darmada, hutan tempat bule tersesat itu jauh dari permukiman warga. Karena bekal minuman yang dibawa habis, bule itu merasa panik dan menghubungi temannya untuk melapor ke Tim Rescue Basarnas Bali.

"Agak jauh ya kalau naik motor, sekira butuh waktu 30 menit untuk mencari rumah terdekat. Jadi dia agak paniklah karena keburu malam dan minumnya habis gitu, namanya di daerah orang, makanya minta bantuan kita tim Rescue," ungkap Darmada.

Tonton video '5 Pendaki yang Hilang di Hutan Saluro Ditemukan':

(eva/eva)