Warga Cerita Detik-detik Penggerebekan di Markas John Kei: Ada Suara Tembakan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 09:26 WIB
Terdakwa kasus pembunuhan bos PT Sanex Steel Tan Hari Tantono alias Ayung, John Kei mengikuti sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (4/12). John Kei dituntut 14 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), sementara kedua anak buahnya Joseph Hanungan dan Muklis yang diduga turut serta dalam melakukan aksi pembunuhan dituntut 2 tahun penjara. File/detikFoto.
John Kei (Agung Pambudhy/detikcom)
Bekasi -

Polda Metro Jaya menggerebek markas John Kenedy Refra alias John Kei di kawasan Medan Satria, Kota Bekasi. Penggerebekan ini terkait peristiwa penembakan di Green Lake Tangerang dan pembacokan di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakbar.

Penggerebekan tersebut berlangsung pada pukul 20.15 WIB, Minggu (21/6/2020). Seorang warga berinisial A mengaku sempat mendengar tembakan peringatan saat polisi melakukan penggerebekan di rumah tersebut.

"Kalau tembakan cuma peringatan doang, sekali doang," kata seorang warga, A, ketika ditemui detikcom, Senin (22/6/2020).

Menurut A, ada 100-an polisi yang menggerebek markas John Kei ini. Beberapa polisi disebut masih berjaga di lokasi.

Warga lainnya, G, juga melihat detik-detik John Kei dan rekan-rekannya ditangkap. G mengatakan John Kei berada di dalam rumahnya saat ditangkap.

Video Penggerebekan Markas Kelompok John Kei di Bekasi:

"Ini kan ada mesnya, JK-nya (John Kei, red) juga ada di rumah," tutur G.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengonfirmasi ada puluhan orang, termasuk John Kei, yang ditangkap di Medan Satria, Bekasi.

"Pelaku yang diamankan 2 orang diduga pelaku atas nama C dan J K (John Kei) dan mengamankan 20 orang kelompok John Kei yang berada di dalam markas yang berusaha menghalangi tindakan kepolisian," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya, Minggu (21/6).

Polisi mengamankan beberapa barang bukti dari markas John Kei, seperti 28 buah tombak, 24 buah senjata tajam, 2 buah katapel panah, 3 buah anak panah, 2 buah stik bisbol, 17 buah HP, dan 1 buah dekoder.

Penggerebekan ini terkait dengan peristiwa penembakan di Green Lake, Tangerang, kemarin siang sekitar pukul 12.00 WIB serta pembacokan di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakbar. Polisi menyampaikan bahwa dua peristiwa di dua lokasi tersebut berkaitan.

Simak video 'Hari-hari di Nusakambangan yang Mengubah Hidup John Kei':

(isa/mei)