Round-up

Tafsir Kalender Suku Maya soal Isu Kiamat Bikin Geger Dunia Maya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 06:49 WIB
kiamat
Foto: Gambar ilustrasi, tidak berhubungan dengan berita (NASA).
Jakarta -

Muncul kehebohan di internet, yang menyatakan tanggal 21 Juni 2020 adalah hari kiamat. Isu kiamat tersebut kemudian menjadi trending topic di twitter.

Isu ini ramai diperbincangkan dengan dengan mengaitkan Tafsir Kalender Suku Maya. Dimana dalam tafsirnya mengindikasikan, bumi akan berakhir 21 Juni 2020.

Terakhir Kalender Suku Maya ini menafsirkan kiamat akan terjadi 21 Desember 2012, namun ternyata salah. Saat ini kembali ditafsirkan kiamat akan terjadi 21 Juni 2020. Prediksi itu bentrok dengan tanggal Gerhana Matahari Cincin Api.

Berita ramalan kiamat ini sudah beredar sepekan sebelumnya. Berbagai media massa juga ramai memberitakan isu tersebut, diantaranya media massa dari Inggris The Sun, The New York Post.

Pencarian di Google, menunjukkan isu ini juga banyak diberitakan oleh situs-situs asal India.

Saat detikcom mencoba menelusuri pencarian Twitter, ada akun atas nama Paolo Tagaloguin tapi ternyata ini hanya akun kloning dari akun Paolo Tagaloguin yang sudah telanjur terkenal. Akun kloningan ini baru mencuit pertama kali (langsung soal kiamat) pada 15 Juni, bukan pada 13 Juni seperti saat The Sun memberitakan pertama kali.

Tonton juga video 'Viral! Ceramah Ustaz Das'ad soal 'Panitia Hari Kiamat'':

Selanjutnya
Halaman
1 2