Pemerintah Pantau CFD Jakarta: Masyarakat Lupa Physical Distancing Penting

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 16:26 WIB
Jalur khusus sepeda terlihat di kawasan Bundaran HI. Jalur itu dibuat untuk warga yang bersepeda di kawasan yang kembali adakan car free day (CFD) tersebut.
Car Free Day 21 Juni 2020 (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menyoroti pelaksanaan car free day di Jakarta yang kembali diadakan saat masa PSBB transisi. Dari hasil pemantauan, banyak yang melupakan physical distancing atau jaga jarak.

"Hari ini kami melakukan pemantauan di beberapa tempat seperti pelaksanaan car free day di Jakarta, masih kita lihat beberapa masyarakat lupa bahwa physical distancing penting," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, lewat kanal YouTube BNPB, Minggu (21/6/2020).

Yurianto meminta hal ini menjadi evaluasi. Lagi-lagi, dia mengingatkan pentingnya menjaga jarak di mana pun kita berada.

"Ini kami mohon jadi evaluasi kita bersama. Physical distancing, menjaga jarak adalah sesuatu yang mutlak kita laksanakan," ungkapnya.

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto.Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto. (Foto: Dok. BNPB)

Selain itu, pemerintah memantau beberapa bandara yang memiliki penerbangan ke Pulau Jawa. Salah satunya di Batam.

"Kami melakukan pemantauan di Batam dan beberapa lain juga demikian. Kita masih melihat banyak masyarakat yang belum tertib menjaga physical distancing. Meski sebagian besar sudah pakai masker, tapi physical distancing adalah sesuatu yang perlu," kata Yurianto.

Sebelumnya diberitakan, car free day di Sudirman-Thamrin hari ini adalah yang pertama diadakan kembali usai ditiadakan sekitar 3 bulan. Hasilnya, warga tumpah ruah saat CFD.

Jalan Sudirman-Thamrin sendiri dipisah menjadi jalur untuk pesepeda, pelari, dan pejalan kaki. Anak-anak di bawah 9 tahun seharusnya tidak boleh diajak ke CFD, tapi nyatanya masih ada yang melanggar hal itu.

Tonton video 'Perhatian! Ibu Hamil, Anak & Lansia Dilarang Ikut CFD':

(imk/dhn)