Ini Penampakan Gerhana Matahari Sebagian Fase Puncak di Aceh

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 15:28 WIB
Gerhana matahari sebagian di Aceh. (Dok BMKG)
Gerhana matahari sebagian di Aceh pukul 14.35 WIB (Dok BMKG)
Jakarta -

Aceh menjadi provinsi di Indonesia pertama yang mengalami gerhana matahari sebagian. Kini begini adalah penampakan gerhana yang dipantau dari Aceh.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar mengamati gerhana matahari sebagian di Perumahan BMKG Stasiun Geofisika (Stageof), Simpang Japakeh, Aceh Besar, Minggu (21/6/2020).

Gerhana matahari sebagian di Aceh dimulai dengan fase kontak awal pada 13.16 WIB di Sabang dan semenit kemudian di Banda Aceh.

Fase puncak gerhana terjadi pada 14.34 WIB. Meski awan tebal, BMKG Stageof Aceh Besar masih mampu mendapatkan penampakan gerhana ini. Kepala BMKG Stageof Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro, mengirimkan hasil peneropongannya.

Gerhana matahari sebagian di Aceh. (Dok BMKG)Gerhana matahari sebagian di Aceh pukul 13.47 WIB. (Dok BMKG)

Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan. Di Sabang, bagian (piringan) matahari yang tertutup bagian bulan tidak sampai setengahnya. Angka ketertutupan piringan matahari oleh piringan bulan ini diindikasikan dengan nilai Magnitudo.

Magnitudo gerhana di Sabang adalah 0,231. Dengan kata lain, hanya secuil pirngan matahari yang tertutupi oleh bulan. Kontak akhir gerhana terjadi pukul 14.53 WIB.

(dnu/dhn)