Ini Wilayah di Indonesia yang Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin Hari Ini

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 07:50 WIB
Foto kombo fenomena gerhana matahari cicin yang terlihat di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (26/12/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/foc.
Foto: Ilustrasi (Antara Foto)
Jakarta -

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan sejumlah wilayah di Indonesia yang dapat melihat gerhana matahari cincin hari ini. Gerhana matahari yang melintasi Indonesia tak penuh atau sebagian.

"Untuk Indonesia hanya gerhana matahari sebagian, itu pun dengan magnitudo atau kegelapan kurang dari 50%. Yang tertinggi itu sekitar 50% itu di Papua dan Maluku Utara. Di Sumatera bagian selatan, Jawa bagian barat dan Jawa bagian tengah itu tidak melihat gerhana," kata Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin saat dihubungi, Sabtu (20/6/2020).

gerhana matahari cincingerhana matahari cincin Foto: Screenshot BMKG

"Kalimantan iya, itu sekitar 20%, ya Kalimantan-Sulawesi itu sekitar antara 20-30%," tambahnya.

Senada dengan LAPAN, BMKG di situs resminya, diakses detikcom pada Selasa (16/6), gerhana matahari sebagian akan bisa diamati di wilayah Pulau Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian selatan.

Gerhana matahari cincin yang dapat diamati di Indonesia bakal berwujud gerhana matahari sebagian, melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi.

Tonton video 'Tak Semua Wilayah Bisa Amati Gerhana Matahari Cincin 21 Juni':

Selanjutnya
Halaman
1 2