Komisi II DPR Dukung Kemendagri Usut Kabar Pulau Malamber Dijual Rp 2 M

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 06:31 WIB
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia
Foto: Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Komisi II DPR RI angkat bicara soal kabar Pulau Malamber di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) diperjualbelikan seharga Rp 2 miliar. Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan kabar jual-beli pulau bukan kabar baru.

"Sebenarnya saya sudah lama mendengar isu soal jual beli pulau ini. Bukan hanya di Sulawesi, tapi coba dicek juga di daerah lain," kata Doli kepada wartawan, Sabtu (20/6/2020) malam.

Doli mendukung Kementerian Dalam Negeri (Kemendgari) menelusuri kabar Pulau Malamber diperjualbelikan oleh kepala daerah. Hal ini agar ada kejelasan soal isu yang sudah berkembang tersebut.

"Saya kira Kemendagri harus menindak lanjuti informasi awal tersebut. Apakah benar terjadi jual beli pulau? Dan apabila benar, regulasi atau peraturan apa yang menjadi alas hukumnya? Itu tanah negara atau tanah siapa? Dan kalau tanah negara/pemerintah, apakah hasil jual beli itu masuk ke kas negara atau bagaimana?" ujar Doli.

"Hal itu penting agar kita bisa menjaga aset-aset negara kita untuk tidak dimanfaatkan di luar kepentingan bangsa dan negara," imbuhnya.

Sebelumnya, kabar Pulau Malamber di Mamuju, Sulbar, dijual seharga Rp 2 miliar tengah diselidiki kepolisian. Kemendagri akan bertanya kepada Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar perihal kabar tersebut.

"Kami belum dapat informasi. Nanti ditanyakan ke Gubernur Sulbar," kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik saat dimintai konfirmasi, Jumat (19/6). Akmal belum bisa berkomentar lebih jauh mengenai kabar dijualnya Pulau Malamber.