CFD Jakarta Dibuka Hari Ini, Warga Tak Bermasker Bisa Didenda Rp 250 Ribu

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 05:31 WIB
Sebagian warga memakai masker saat beraktivitas di Car Free Day (CFD), Jakarta, Minggu (8/3). Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona.
Foto: CFD di Jakarta (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Car free day (CFD) di DKI Jakarta akan dibuka kembali hari ini di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Warga diingatkan untuk tetap menerapkan pedoman protokol kesehatan selama berkegiatan CFD.

"Ya kalau hanya untuk diam sebentar sesaat sih nggak apa-apa ya, asal jangan kemudian berkumpul berlama-lama, nongkrong-nongkrong, ya kita akan ingatkan mereka agar terus bergerak," kata Kasatpol PP, Arifin kepada wartawan, Sabtu (20/6/2020).

"Intinya tidak diperbolehkan untuk diam, kemudian diam dan berkerumun, diam dan berkerumun tidak boleh, harus jalan," tambahnya.

Arifin mengatakan Satpol PP akan mengingatkan warga agar tak berkumpul saat CFD berlangsung. Namun berbeda dengan warga yang tak memakai masker, warga tersebut akan dikenakan sanksi.

"Kalau hanya sekedar berhenti kan hanya diingatkan suruh jalankan. Tetapi kalau berkaitan dengan masker, pastinya akan kita secara tegas akan kita kenakan sanksi. Jadi orang yang akan masuk ke kegiatan car free day, dipastikan dia menggunakan masker, kalau tidak menggunakan masker maka anggota yang ada di sepanjang Thamrin-Sudirman itu akan mengenakan sanksi sebagaimana ketentuan," ujar Arifin.

Tonton video 'WHO Anjurkan Olahraga Tanpa Masker, Ini Tanggapan Pengunjung GBK':