Gubernur Jambi Fachrori Umar Calonkan Diri di Pilgub 2020

Ferdi Almunanda - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 21:50 WIB
Gubernur Jambi Fachrori Umar mengembalikan formulir pencalonan pilgub 2020 ke Kantor PAN.
Gubernur Jambi Fachrori Umar mengembalikan formulir pencalonan pilgub 2020 ke Kantor PAN. (Foto: Ferdi/detikcom)
Jambi -

Gubernur Jambi Fachrori Umar mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) bulan Desember mendatang. Calon petahana ini telah mengembalikan formulir pendaftaran ke Partai Amanat Nasional (PAN).

"Hari ini saya secara resmi mengembalikan formulir pendaftaran di PAN dan siap mengikuti seluruh tahapan yang ada. Saya berharap dukungan dari PAN di Pilkada Jambi tahun 2020 mendatang bersama sejumlah partai politik lainnya," kata Fachrori usai mengembalikan berkas pencalonan, di kantor PAN, Jalan Patimura, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Sabtu (20/6/2020).

Fachrori pun bercerita dirinya teringat saat dirinya maju bersama Zumi Zola pada pilkada 2015. Saat ini mereka maju dengan berpasangan, Zumi Zola sebagai Gubernur dan Fachrori sebagai wakil. Namun belum berakhir masa jabatannya Zola tersandung kasus korupsi uang ketok palu RAPBD Jambi 2017-2018 hingga mendekam dipenjara.

"Kalau diingat-ingat sedih saya pak, ibo hati sayo (sedih hati saya). Bagaimana dulu saya bersama-sama daftar di PAN ini, sedih rasanya," ujar Fachrori.

Sejak 13 Februari 2019, Fachrori secara resmi menggantikan Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi dengan melanjutkan visi misi mereka. Kali ini, Fachrori kembali berpasangan dengan Bupati Tanjung Jabung Barat Jambi, Syafrial sebagai wakilnya.

"Saat saya banyak bertanya apakah saya maju lagi apa tidak. Saya tergantung masyarakat kalau masyarakat banyak yang mendorong kita siap akan menjalankannya. Untuk yang akan mendampingi saya di Pilkada ini ialah bapak Safrial. Dengan Safrial, jika dia berminat tentu saya juga berminat," sebut Fachrori.

(eva/eva)