Ahli Tasawuf Nursamad Kamba Meninggal Dunia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 17:26 WIB
Nursamad Kamba
Foto: Dok. UINSGD/Ahli Tasawuf Nursamad Kamba Meninggal Dunia
Jakarta -

Ahli tasawuf dan penulis, Nursamad Kamba meninggal dunia pada Sabtu (20/6/2020) pukul 01.00 WIB. Kepergian Nursamad seperti dikabarkan oleh Kiai NU Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus dalam akun Facebook-nya.

"Baru saja beberapa waktu yang lalu kuterima damai dari bukunya 'Mencintai Allah Secara Merdeka', Subuh ini mendapat telepon dari istri tercintanya-penyair Fatin Hamamah-memberitahukan bahwa saudaraku Sufi yang selama ini setia mendampingi Cak Nun dan Maiyahnya-Syeikh Dr. Muhammad Nursamad Kamba- telah berpulang ke Rahmatullaah. Innaalillaahi wainnaa ilaihi raajiuun. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzuulahu waj'alil jannata matswaahu ... Al-Faatihah. Semoga orang baik yang rendah hati itu mendapat tempat yang mulia di sisiNya. Semoga keluarga dan santri-santrinya diberi kesabaran dan ketabahan. 'Azhzhamallahu ajrahum wa ahsana azaa-ahum," tulis Gus Mus di Facebooknya, Sabtu (20/6/2020).

detikcom telah mendapatkan izin untuk mengutip tulisan Gus Mus dari anaknya, Ienas Tsuroiya. "Berita duka itu sudah menyebar luas sejak pagi. Tapi kalau mau kutip yang postingan Abah, boleh saja," ujar Ienas, kepada detikcom, Sabtu (20/6/2020).

Menurut Ienas, informasi yang dia terima dari Sudjiwo Tejo, Syeikh Nursamad Kamba dimakamkan ba'da Ashar di TPU Kampung Rambutan 1, Jakarta Timur. Ienas belum bertakziah karena sedang ada kesibukan.

Dalam situs Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung disebutkan, Nursamad Kamba merupakan pendiri jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung. Kabar meninggalnya Nursamad juga diposting di situs itu.

"Rektor beserta seluruh Civitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah Dr. H. M. Nursamad Kamba, Pendiri Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung pada hari Sabtu, 20 Juni 2020 pukul 01.00 WIB. Semoga arwah almarhum memperoleh tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kesabaran dan ketabahan. Amin ya Rabbal 'Alamin," begitu isi pengumuman di situs UIN SGD Bandung, hari ini.

Bahkan kepergian Nursamad ramai dengan tagar maiyahberduka. Selamat jalan Nursamad Kamba!

(nwy/erd)