Round-Up

Tuntutan 20 Tahun untuk Pembunuh Siswi SMA Terimakasih Laia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 09:12 WIB
Tolonashoki Halawa, pelaku pembunuhan siswi SMA Terimakasih Laia
Tolonasokhi Halawa saat ditangkap polisi (Foto: ISTIMEWA)

Pada Maret 2020, polisi telah menyelesaikan proses penyidikan terhadap tersangka pembunuhan sadis siswi SMA bernama Terimakasih Laia di Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut). Tersangka dan barang bukti diserahkan ke Kejaksaan.

"Semalam (4/3) dilakukan pengiriman tersangka dan barang bukti terhadap tersangka Tolonashoki Halawa ke Kejaksaan Negeri Nias Selatan," ujar Kapolres Nias Selatan AKBP I Gede Nakti, Kamis (5/3/2020).

Pengiriman tersangka dan barang bukti dilakukan berdasarkan surat nomor: B/243/RES.1.7/III/2020/RESKRIM, tanggal 4 Maret 2020. Tersangka diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap korban.

"Tersangka diduga keras melakukan pembunuhan berencana dan atau pembunuhan dan atau pencurian dengan kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 340 dan atau Pasal 338 dan atau Pasal 365 dari KUHPidana terhadap korban Terimakasih Laia," jelas Nakti.

Kemudian pada Jumat (19/6) terdakwa kasus pembunuhan Terimakasih Laia, Tolonasokhi Halawa, dituntut 20 tahun penjara. Jaksa menilai Tolonasokhi terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana terhadap korban.

"Supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Gunung Sitoli memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menyatakan terdakwa Tolonasokhi Halawa alias Gamo terbukti bersalah melakukan tindak pidana 'dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa korban yaitu Terimakasih Laia'," demikian tuntutan jaksa dikutip dari Situs Informasi Penelusuran Perkara PN Gunung Sitoli, Jumat (19/6/2020).

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Tolonasokhi Halawa alias Gamo dengan pidana penjara selama 20 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara," sambung jaksa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3