PAN: Prabowo Populer dari Menteri yang Lain, Wajar Jika Dinilai Lebih Bagus

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 09:01 WIB
Saleh Daulay
Saleh Daulay (Foto: Tsarina/detikcom)

Lebih lanjut, Saleh menyebut, untuk mengukur kinerja seorang menteri seharusnya dilakukan oleh ahli yang terkait dengan kementeriannya. "Kalau melihat kinerja seseorang, mestinya dilakukan orang yang ahli di bidangnya. Untuk kasus Pak Prabowo, mestinya dilakukan orang yang benar-benar mengerti soal pertahanan," jelasnya.

Namun demikian, Saleh mengapresiasi survei yang dilakukan oleh ASI. Dia menyebut hasil survei itu bisa dijadikan sebagai tolok ukur popularitas menteri Jokowi.

"Saya mengapresiasi hasil survei yang dilakukan ASI. Survei itu setidaknya bisa dipergunakan untuk melihat kinerja para menteri dalam melayani masyarakat. Selain itu, dapat juga dijadikan sebagai tolok ukur dalam melihat tingkat popularitas para menteri Jokowi," katanya.

Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) melakukan survei pada 9-12 Juni 2020, dengan melibatkan 1.000 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin serta mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Jokowi-Ma'ruf Amin.

Survei dilakukan dengan cara telesurvei, atau mewawancara responden melalui kontak telepon. Margin of error survei ini +/- 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei juga memaparkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja para Menteri di kabinet Jokowi-Maruf Amin. Hasilnya tertinggi 43,7 persen masyarakat puas dengan kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Responden diberikan pertanyaan: 'Menurut Bapak/Ibu/Saudara, bagaimana kinerja para menteri di bawah ini?'

"Kinerja para menteri, Menhan Pak Prabowo tingkatnya paling tinggi di antara yang lain, yaitu 43,7 persen. Disusul Menteri Luar Negeri Bu Retno 38,0 persen, ketiga Menkopolhukam Pak Mahfud Md 37,9 persen," ujar Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif'an saat melakukan pemaparan yang disiarkan secara langsung melalui YouTube ASI, Jumat (19/6).

Halaman

(lir/zak)