Ingat! Ini Aturan Olahraga di Kompleks Gelora Bung Karno

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 06:49 WIB
Weekend kedua masa transisi PSBB di GBK
Ilustrasi GBK (Foto: Muhammad Anjar Mahardhika)
Jakarta -

Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) mengeluarkan sejumlah aturan bagi warga yang hendak berolahraga selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Kebijakan ini dilakukan menyusul evaluasi kepadatan pengunjung sehingga sulit menerapkan physical distancing.

"Dengan kebijakan baru ini diharapkan masyarakat bisa tetap berkegiatan di GBK dengan aman. Kami belum berpikir untuk menutup lagi (GBK), tetapi kalau diperlukan kami akan tutup," ujar Direktur Utama PPK GBK, Winarto seperti dilansir Antara, Kamis (18/6/2020).

Winarto mengatakan kebijakan itu diambil setelah pengelola menemukan masih banyak pengunjung yang mengabaikan protokol kesehatan, terutama di area Stadion Utama (SU) GBK. Untuk mencegah risiko penularan, ibu hamil dan anak-anak berusia di bawah 12 tahun dilarang masuk ke area GBK.

"Ini membuat risau.... Maka ibu hamil dan anak-anak di bawah usia 12 tahun akan kami cegah masuk ke dalam karena rawan," ujarnya.

Aturan baru itu diterapkan PPK GBK secara lebih ketat bagi pengunjung. Kebijakan itu mulai berlaku dan diterapkan pada Jumat, 19 Juni kemarin.

Pada aturan ini, akses masuk ke kawasan GBK hanya dibuka melalui Pintu 5 dan Pintu 10. Untuk kendaraan bermotor roda empat diarahkan untuk parkir di Parkir Timur dan Parkir Selatan, sedangkan kendaraan roda dua diarahkan untuk parkir di halaman Istora dan Stadion Akuatik. Selanjutnya, akses keluar untuk seluruh kendaraan diarahkan melalui Pintu 8.

Jumlah pengunjung di Ring Road Stadion Utama GKB akan dibatasi sebanyak 1.000 pengunjung waktu maksimal 1 (satu) jam per shift. Jam operasional juga akan dimulai pada pukul 05.00-20.00 WIB.

Area Ring Road Stadion Utama GBK hanya untuk pejalan kaki tanpa peralatan. Sepeda, skateboard, scooter, atau stroller dilarang untuk digunakan di lokasi.

Bagi warga yang ingin menuju Ring Road Stadion Utama GBK hanya melalui Pintu A yang akan dibuka-tutup secara berkala. Sementara akses keluar melalui Pintu D, Pintu E, dan Pintu G.

GBK juga memberikan batasan usia kepada pengunjung, Pengunjung yang berusia kurang dari 12 tahun dan ibu hamil dilarang masuk ke kawasan GBK.

Seluruh pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Seperti pengecekan suhu tubuh di Pintu Masuk Utama dan ring road, cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak fisik minimal 2 meter dan tidak bergerombol.

Tonton juga 'Ini Aturan Lengkap bagi yang Ingin Olahraga di GBK':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/maa)