Mau ke Salon-Barbershop? Simak Nih Protokol Kesehatannya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 21:50 WIB
Setelah tutup selama 3 bulan, sektor usaha salon dan barbershop akan kembali dibuka pada 15 Juni nanti. Hal tersebut disambut dengan suka cita oleh para pengusaha salon, salah satunya Salon Alfons di Jakarta Selatan.
Ilustrasi new normal di salon (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Anda yang hendak melakukan perawatan kecantikan/rambut di masa pandemi virus Corona (COVID-19) sebaiknya simak protokol kesehatan yang diterbitkan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Warga diminta memastikan kesehatan diri dan membawa peralatan pribadi.

Protokol kesehatan di jasa perawatan kecantikan dan sejenisnya itu diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Aturan itu ditekan Terawan pada 19 Juni 2020.

"Membawa peralatan pribadi yang akan digunakan untuk perawatan rambut/kecantikan dan sejenisnya, termasuk peralatan makeup," demikian bunyi salah satu poin dalam aturan tersebut yang ditujukan bagi pengunjung seperti dilihat detikcom, Jumat (19/6/2020).

Para pekerja diwajibkan menggunakan alat pelindung diri, terutama masker, pelindung wajah, atau pelindung mata dan celemek selama bekerja. Kualitas udara di tempat usaha juga harus selalu dijaga.

Selanjutnya
Halaman
1 2