Viral Benang Layangan Putus Lukai Wajah Warga Depok, Ini Imbauan Polisi

Lukman Arunanta - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 19:00 WIB
A red kite with a string flying against a blue sky.
Ilustrasi layang-layang (Foto: dok. iStock)
Depok -

Sebuah foto memperlihatkan gulungan benang layang-layang viral di media sosial. Benang layangan itu melukai wajah pengendara motor di Depok.

Kasubag Humas Polresta Depok AKP Elly Padiansa mengatakan pihaknya belum menerima laporan adanya kejadian tersebut. Namun Ely mengaku mendengar pernah ada kejadian serupa.

"Sepintas saja saya dengar, tapi belum ada laporan (ke Polres). Yang saya tahu karena ada layangan putus, jadi dia lewat, kena leher. Itu saja," kata AKP Elly Padiansa lewat keterangannya, Jumat (19/6/2020).

Meski begitu, Elly mengimbau agar orang tua memperhatikan anak-anaknya saat bermain layangan. Dia mengingatkan warga untuk tidak bermain layang-layang di jalanan.


"Imbauannya terutama kepada orang tua untuk selalu melakukan pengawasan atau kita juga melihat anak-anak bermain layangan di jalanan kan sebenarnya bukan sarana untuk bermain. Paling tidak kita melarang bermain di jalanan, tempat lalu lintas umum," ujar Elly.

Benang layang-layang yang putus di jalanan juga berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

"Mungkin saat kendaraan lain lewat akhirnya kena masuk ke roda dan terjadi kecelakaan. Ada yang lewat juga nggak tahu ada benang akhirnya kena leher dan sebagainya, bisa luka kan. Ya memang harus kita larang di tempat lalu lintas orang lewat tidak boleh (main layangan)," tuturnya.

Peristiwa benang layangan putus melukai warga di Kukusan, Depok, ini viral di media sosial. Dalam foto-foto yang tersebar di media sosial, terlihat bagian pipi bawah korban terluka. Benang layangan itu juga melilit gir motor.

(mea/mea)