Lakukan 4 Amalan Ini Saat Terjadi Gerhana Matahari

Lusiana Mustinda - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 05:30 WIB
peta magnito gerhana matahari di Bengkulu, ilustrasi gerhana matahari cincin
Gerhana matahari. Foto: (Dok Istimewa).
Jakarta -

Sholat gerhana matahari ternyata bukan menjadi satu-satunya amalan yang harus dilakukan ketika terjadi fenomena alam gerhana matahari. Ada beberapa amalan lain yang bisa kamu lakukan.

Dikutip dalam 'Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunah Setahun Penuh' oleh Ustadz M. Kamaluddin S.Pd. I MM, ketika terjadi gerhana matahari, di zaman Rasulullah SAW, beliau keluar dengan bergegas, menarik bajunya, lalu sholat dengan manusia dan memberitakan kepada mereka bahwa gerhana adalah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah, dengan gerhana tersebut boleh jadi merupakan sebab turunnya adzab untuk manusia dan memerintahkan untuk mengerjakan amalan yang bisa menghilangkannya.

Beliau memerintahkan untuk mengerjakan sholat, berdo'a, istighfar, bersedekah dan amalan-amalan shalih lainnya.

Berikut beberapa amalan-amalan shalih ketika terjadi gerhana matahari:

1. Sholat Gerhana Matahari

Al Bukhari dan Muslim telah meriwayatkan dari hadits Abu Mas'ud Al Anshari berkata:

"Terjadi gerhana matahari pada hari meninggalnya Ibrahim Bin Muhammad Saw maka manusia mengatakan 'Terjadi gerhana matahari karena kematian Ibrahim'."

Maka Rasulullah Saw bersabda:

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah, keduanya tidak terkena gerhana karena kematian atau kehidupan seseorang, jika kalian melihat yang demikian itu, maka bersegeralah untuk ingat kepada Allah dan mengerjakan sholat."

2. Dzikir dan Doa


Selain melaksanakan sholat, dikutip dalam buku 'Fiqih Shalat Gerhana' oleh Isnan Ansory, Lc., M.Ag kamu juga bisa memperbanyakdzikir, istighfar dan doa selama peristiwa gerhana. Hal ini didasarkan kepada hadits berikut:

"Dari Abu Musa berkata: Rasulullah Saw bersabda: Inilah dua tanda-tanda yang Allah kirimkan, ia tidak terjadi karena hidup atau matinya seseorang, tetapi "(Dia, Allah mempertakuti hamba-hamba-Nya dengannya)" (Qs. Az-Zumar: 16). Maka jika kalian melihat sesuatu padanya (gerhana), maka segeralah untuk mengingat Allah, berdoa dan meminta ampunan." (HR. Bukhari).

3. Shadaqah

Dari 'Aisyah dia berkata: Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana, maka perbanyaklah berdoa kepada Allah, bertakbirlah, dirikanlah sholat dan bersedekahlah." (HR. Bukhari).

Dari Asma', ia berkata: "Nabi Saw telah memerintahkan untuk membebaskan budak ketika terjadi gerhana matahari." (HR. Bukhari).

4. Khutbah

Hadist yang menyarankan khutbah usai sholat gerhana disebutkan Imam An-Nawawi,

"Abu Ishaq As-Syairazi berkata, disunahkan khutbah setelah sholat gerhana sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah RA, Sungguh setelah selesai sholat gerhana, Nabi SAW berdiri dan khutbah di hadapan manusia, kemudian ia memanjatkan puji kepada Allah, dilanjutkan dengan bersabda, 'Matahari dan bulan adalah ayat (tanda kebesaran Allah) dari sekian ayat-ayat Allah Azza wa Jalla. Keduanya tidak akan gerhana karena kematian atau kelahiran seseorang. Apabila kalian menyaksikannya, maka shalat dan sedekahlah."



(lus/erd)