Camat di Mamuju Duga Ada 2 Pulau Dijual Termasuk Malamber Kecil

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 13:33 WIB
Pulau Malamber di Sulawesi Barat.
Pulau Malamber di Sulawesi Barat (Foto: Istimewa)
Mamuju -

Camat Bala-balakang, Juara, menyebut pembeli Pulau Malamber, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) adalah Bupati Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud. Juara menduga ada dua pulau yang dijual.

"Bukan per meternya, tapi pulaunya langsung, berarti dibeli semua dua pulau itu, kenapa langsung ada dua sertifikat," kata Juara kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).

Juara mengaku telah mengambil Surat Pernyataan Penguasaan Fisik Bidang Tanah (sporadik) terkait jual-beli Pulau Malamber. Termasuk Pulau Malamber Kecil.

"Saya sudah ambil sporadiknya, ada dua sporadik, karena ada dua diambil, termasuk Malamber Kecil itulah untuk tempat penangkaran penyu," ujarnya.

Juara mengaku praktik jual-beli Pulau Malamber dilakukan tanpa sepengetahuannya. Dia juga mengaku heran. Juara mengaku dipanggil Bupati Mamuju soal jual-beli pulau itu.

"Makanya saya heran, kenapa tidak melaporkan ke kecamatan, karena kepala wilayah di Kepulauan Bala-balakang adalah tanggung jawab kecamatan, kenapa informasi ini masuk ke bupati, tidak tahu apa-apa langsung saya dipanggil Pak Bupati," tuturnya.