Pemprov Klaim 6 Daerah di Sumbar 100 Persen Sembuh COVID-19

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 09:25 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono/detikcom
Padang -

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyebut enam daerah mencatatkan 100 persen kesembuhan pasien virus Corona (COVID-19). Artinya, semua pasien yang sempat tercatat positif terinfeksi dari daerah itu sudah dinyatakan sembuh.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal, menyebutkan, enam daerah tersebut adalah Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Pasaman, Agam dan Sijunjung, serta Kota Pariaman.

"Mereka sukses dalam perawatan pasien. Semua pasiennya telah dinyatakan bebas dari COVID-19," kata Jasman dalam penjelasan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (19/6/2020).

Namun Jasman tidak merinci berapa banyak pasien dari daerah-daerah yang telah dinyatakan sembuh tersebut. Tetapi, dia menyebutkan, angka pasien sembuh di Sumatera Barat terus mengalami peningkatan. Hingga posisi hari ini, pasien sembuh mencapai 494 orang, atau mencapai 70,57 persen dari total 700 orang yang positif terinfeksi.

"Hari ini ada penambahan kesembuhan sebanyak 12 orang. Total kesembuhan adalah 494 orang. Angka kesembuhan kita sangat jauh di atas angka kesembuhan nasional dan juga masih merupakan angka kesembuhan tertinggi di Indonesia," katanya.

"Hari ini juga bertambah empat orang yang positif. Semuanya dari Padang, sehingga total yang positif berjumlah 700 orang. Yang meninggal dunia 30 orang atau 4,29 persen, sementara yang menjalani perawatan di rumah sakit dan Isolasi Mandiri sejumlah 176 orang atau 25,14 persen," tambah Jasman.

(aik/aik)