Lafadz Sayyidul Istighfar dan Keutamaannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 05:00 WIB
Silhoutte of muslim woman praying during fasting holy month of ramadan
Sayyidul Istighfar. Foto: iStock
Jakarta -

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym melalui akun instagramnya pada 12 Mei 2020 lalu mengajak untuk mengamalkan Sayyidul istighfar. Menurut Aa Gym Sayyidul istighfar adalah istighfar terbaik.

"Ayo sahabat diamalkan pagi dan sore... Semoga Alloh golongkan kita menjadi para penghuni surga," tulis Aa Gym.

Dikutip dari Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam An-Nawawi yang mengutip hadits riwayat al-Bukhari dari Syaddad bin Aus ra, berikut ini lafadz Sayyidul istighfar :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah! Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hambaMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmatMu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau."

Keutamaan Sayyidul istighfar disebutkan di dalam hadits riwayat al-Bukhari dari Syaddad bin Aus ra, Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

"Barangsiapa mengucapkannya (Sayyidul istighfar) di siang hari dengan meyakininya lalu dia mati pada hari itu sebelum sore hari, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya di malam hari dengan meyakininya lalu dia mati pada malam itu sebelum pagi, maka dia termasuk penghuni surga."




(lus/erd)