Ular Kobra Jawa Ketahuan Ngumpet di Kantor Setda Kabupaten Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 17:16 WIB
Ular kobra jawa yang ditemukan di kantor Setda Kabupaten Bogor (Istimewa)
Ular kobra Jawa yang ditemukan di kantor Setda Kabupaten Bogor (Foto: dok. Istimewa)
Bogor -

Seekor ular kobra Jawa ditemukan di kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor di Kompleks Tegar Beriman, Cibinong. Keberadaan ular ini diketahui saat ditemukan sebuah sisik.

"Jadi ular kobra tersebut itu berada di ruangan Kabag, Kasubag, (ular itu ada di) ruang Kasubag. Tepatnya OB (office boy) tersebut menemukan sisik ular. Menemukan sisik ular, langsung pihak Sekda laporan ke dinas damkar," kata Danru Rescue Regu 3 Damkar Kabupaten Bogor, Alan Bastyan, ketika dihubungi, Kamis (18/6/2020). Alan bisa memastikan kobra yang ditemukan berjenis kobra Jawa.

Dia menambahkan sisik ular itu ada di atas sofa dan di bawah meja. Alan menjelaskan petugas damkar langsung menuju kantor Sekda sekitar pukul 08.30 WIB.

Pencarian pun dilakukan. Ular kobra Jawa sekitar 1 meter itu, kata Alan, ditemukan di sebuah kardus.

"Kita angkat-angkat buku-buku dan sofa kita angkat, barangkali dia ada di sofa atau meja. Terbukti dia (ular) ada di tumpukan buku, tumpukan buku itu tepatnya ada di dalam kardus. Kardusnya terbuka, gitu," ucapnya.

Alan mengungkapkan ada sebuah taman di kantor Setda. Diduga, ular kobra Jawa ini berasal dari taman tersebut. Setelah dievakuasi, ular kobra Jawa ini dibawa ke kantor damkar.

"Ya mungkin karena ruangannya lembap, dingin, jadi memang kan ular itu nyari tempat yang lembap gitu, kan. Nyari tempat yang lembap, terus mungkin dia merasa nyaman di situ. Kantor tersebut kan ada tamannya. Itu hanya ular lewat karena ada taman," kata Alan.

Simak video 'Ular Piton 3 Meter Ditemukan Dekat Kamar Bayi di RSUD Parepare':

(gbr/gbr)