Trans Studio Mall Cibubur Kembali Beroperasi, Protokol Kesehatan Diterapkan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 16:48 WIB
Trans Studio Mall Cibubur (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Trans Studio Mall Cibubur (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Depok -

Trans Studio Mall Cibubur, Depok, kembali beroperasi hari ini. Hampir seluruh tenant di mal ini sudah kembali buka dan pihak mal memastikan protokol kesehatan ditegakkan.

"Ini cukup senang ya, pada dasarnya saya lihat tenant-tenant cukup mendukung kami. Bisa dikata ini 95 persen tenant kami (di Trans Studio Mall Cibubur) sudah buka," kata Chief Executive Officer Trans Shopping Mall Group, Linda Tampi, di Trans Studio Mall Cibubur, Depok, Kamis (18/6/2020).

Linda menambahkan beberapa tenant yang belum buka dimungkinkan masih melakukan training protokol kesehatan ke karyawannya. Namun untuk wahana permainan dan bioskop di Trans Studio Mall Cibubur, lanjutnya, belum dibuka kembali. Sebab, pembukaan tempat ini masih menunggu pemerintah.

"Memang selama ini di masa transisi, beberapa tempat belum dapat dibuka. Seperti tempat bermain anak, cinema, ataupun salon kecantikan dan juga pusat kebugaran (belum buka)," lanjutnya.

Dia mengatakan protokol kesehatan di Trans Studio Mall Cibubur sudah diterapkan dengan baik. Seluruh pegawai mal dan tenant wajib memakai masker dan sarung tangan.

Pengunjung yang akan masuk mal juga wajib memakai masker dan mencuci tangan di tempat yang disediakan.

Chief Excutive Officer Trans Shopping Mall Group, Linda Tampi (Sachril Agustin Berutu/detikcom)Chief Executive Officer Trans Shopping Mall Group, Linda Tampi (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Suhu tubuh pengunjung juga akan diperiksa. Bila suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius, pengunjung tidak diperkenankan masuk ke mal. Linda mengatakan hand sanitizer ditempatkan di 50 titik Trans Studio Mall Cibubur.

"Satu contohnya mungkin kalau kita lihat dari booth parking, kita sudah pakai sensor. Jadi customer tidak perlu menyentuh tombol parking-nya," lanjut Linda.

Dia menjelaskan petugas kebersihan juga secara rutin membersihkan benda atau tempat yang sering disentuh pengunjung. Selain itu, pembatasan kapasitas di tiap tenant dilakukan agar tidak terjadi penumpukan.

Di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) parsial dan pandemi virus Corona (COVID-19), Linda mengimbau masyarakat lebih menggunakan sistem pembayaran dengan dompet elektronik (e-wallet).

"Saya rasa customer lebih berhati-hati ya dalam hal yang sesuatu bersentuhan, gitu ya. Tentunya saya rasa menggunakan kartu kredit, e-wallet itu akan lebih tinggi frekuensinya, dibanding tunai. Tapi itu adalah preferable. Dalam artian kami masih memfasilitasi untuk menerima tunai. Tapi kami lebih prefer untuk by e-wallet," tandasnya.

Sebelumnya, Head of Marketing and Communications Trans Studio Mall Cibubur Valentinus Siswandi menjelaskan mengenai persiapan pembukaan TSM Cibubur. Valentinus menuturkan semua pengunjung terkontrol setiap waktu sehingga tidak mengalami lonjakan.

Berikut ini serangkaian persiapan dan keamanan TSM Cibubur yang telah disiapkan sesuai dengan arahan dari pemerintah:

1. Jam operasional terbatas (11.00-20.00)
2. Pengunjung diwajibkan untuk mencuci tangan sebelum masuk ke dalam mal
3. Wajib masker/face shield untuk semua pengunjung, karyawan mal dan tenant
Pengecekan suhu untuk semua pengunjung, karyawan mal dan tenant (di bawah 37,3 derajat Celsius)
4. Meminimalisir kontak fisik dengan touchless experience pengambilan tiket parkir, pembayaran parkir dengan menggunakan aplikasi
5. Proses disinfektan terjadwal di semua area mal dan tenant sebelum, sesudah, dan pada saat jam operasional
6. Hand sanitizer yang tersedia secara mudah di area mal dan tenant
7. Petunjuk jaga jarak di area mal, toilet eskalator, lift, serta di dalam area tenant
8. Pembatasan jumlah customer yang masuk ke dalam mal dan yang berada di dalam tenant hingga 35% dari kapasitas normal

(gbr/gbr)