Axton Salim Ungkap Cara Kreatif Milenial Ikuti Perubahan Zaman

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 15:01 WIB
Sasa
Foto: detikcom
Jakarta - Perubahan zaman memang terasa sangat cepat, mulai dari teknologi, kebiasaan hingga pola pikir manusia pun dituntut untuk mengikuti perubahan tersebut agar tidak menjadi individu yang tertinggal. Inilah sekiranya yang dibahas oleh dua Entrepreneur Muda Putri Tanjung dan juga Axton Salim dalam acara Ngobrol Sesudah Sore Vol.2 Bersama Sasa. Nantinya dari acara ini akan mendonasikan uang sebesar Rp 150 Juta kepada pihak yang dipilih oleh narasumber.

Dengan mengusung tema acara #GenerasiMikir, Sasa ingin generasi muda Indonesia mempunyai cara berpikir kreatif, kritis dan tidak mudah termakan pengaruh berita-berita negatif. Selain itu, Sasa juga mengajak generasi muda Indonesia untuk sama-sama memajukan bangsa lewat acara yang inspiratif ini. Mendatangkan berbagai narasumber yang mempunyai pengalaman baik di bidangnya, tentu makin menambah wawasan bagi yang menontonnya. Salah satunya Axton Salim yang membagikan caranya untuk tetap berpikir kreatif dan relevan sesuai dengan zaman.

Pada episode pertama dari Ngobrol Sesudah Sore bersama Sasa kali ini, kepada Putri Tanjung dan juga netizen, Axton Salim membagikan tips untuk tetap berpikir secara kreatif dan juga relevan mengikuti zaman yang berubah. Kepada entrepreneur muda Putri Tanjung, dirinya mengatakan hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba untuk tetap bersosialisasi dengan berbagai rentang umur dari yang muda hingga tua.

"Kalau kreativitas sih, emang hobi ya apalagi kalau musik gitu. Kalau dulu kan mesti ke toko musik gitu kalo sekarang sih lebih kepada aplikasi-aplikasi gitu. Tapinya kalau untuk menjadi relevan, tetap jaga sifat penasaran di dalam hidup. Jadi itu dia kenapa sekarang saya jadi content creator nyoba TikTok, Instagram, Smule itu bisa aja nanti ada ide-ide baru kan," ungkap Axton dikutip dari live Instagram Putri Tanjung pada acara Ngobrol Sesudah Sore bersama Sasa, Senin (15/6/2020).

Bagaimana menumbuhkan rasa penasaran tetap ada di dalam diri? Axton pun mengungkapkan untuk tetap menjaganya, kita harus bersifat anak-anak. Artinya sifat yang harus ditonjolkan adalah sifat jujur, energetik, antusiasme, penasaran, dan jangan berhenti berimajinasi. Satu lagi yang selalu sering diabaikan ketika menjadi orang dewasa adalah menemukan sesuatu yang baik pada diri orang lain.

"Jadinya kalau kita ketemu orang tuh kadang-kadang langsung ada julid gitu, jadinya mungkin dari kitanya bagaimana kita melihat positifnya dulu baru negatifnya. Dari situ pun kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik," jelas Axton.

Adapun kita sering sekali sulit untuk mengembangkan suatu ide tersebut, Axton pun membagikan cara untuk mengembangkan ide tersebut yaitu dimulai dengan mencatatnya di kertas apa saja ide yang ditemukan. Kemudian mulailah untuk mengembangkannya serta mulailah untuk mengeksekusi ide tersebut.

"Lalu untuk berinovasi cobalah untuk mengerti pelanggan terlebih dahulu, jadi kita tahu mereka maunya apa, apa yang dibutuhkan dan lain sebagainya," tutur Axton.

Dalam memulai idenya tersebut, Axton mengatakan dirinya lebih memilih untuk mencari ide yang baru dibandingkan mengikuti sesuatu yang sudah ada. Ini karena ia selalu gatal apabila ada ide yang baru ditemukan untuk segera dieksekusi. Tetapi pada saat yang sama juga, kita juga mesti lihat siapa target market dari brand tersebut.

"Jadi kalau targetnya anak muda, feel free to try new things tetapi kalau targetnya untuk nenek gitu ya itu jangan ganti-ganti terus. Jadi kalau emang brand-nya itu untuk orang tua ya jangan diubah-ubah, ntar malah kita kehilangan target market," ujarnya.

Selain itu, lanjut Axton, untuk menjadikan ide marketing kita menjadi luar biasa di zaman yang sudah serba digital ini, jangan melihat sebuah ide bagus yang sudah ada atau yang viral dapat memberikan hasil yang diinginkan.

"Jadi kita harus kembali lagi ke objektif bisnis kita, mau ngapain, perlunya apa itu mesti mulainya dari sana sih. Tapi kalau untuk ide kreatif seperti art lebih baik untuk melihat apa yang akan menjadi besar ke depannya," imbuhnya.

Masih banyak lagi obrolan menarik Putri Tanjung dengan Axton Salim pada acara Ngobrol Sesudah Sore bersama Sasa ini mulai dari kampanye COVID-19 yang digodok oleh Axton hingga obrolan-obrolan lainnya yang tentunya dapat menambahkan wawasan untuk berpikir kreatif dan relevan dengan zaman.

Acara Ngobrol Sesudah Sore bekerja sama dengan Sasa ini pun sudah masuk ke season 2 setelah pada season 1 banyak warganet yang menginginkan Putri Tanjung mengadakan lagi acara ini. Ke depannya Putri Tanjung bakal berbincang lagi dengan narasumber lainnya yang tidak kalah menarik.

Masih ada 5 episode lainnya yang tak kalah seru pada acara Ngobrol Sesudah Sore bareng Putri Tanjung Vol. 2 bekerja sama dengan Sasa yang disajikan secara live setiap hari Senin. Nantinya di setiap episode, narasumber bisa memilih pihak terdampak COVID-19 yang akan dibantu. Nantikan Ngobrol Sesudah Sore bareng Putri Tanjung yang akan tayang setiap Kamis di detikcom.

(akn/ega)