DPR Gelar Rapat Paripurna Bahas RAPBN 2021, 287 Anggota Dewan Tak Hadir

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 14:57 WIB
Pengesahan prolegnas RUU 2020-2024 dan 50 RUU prioritas 2020 dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/12/2019). Ketua DPR Puan Maharani memimpin jalannya rapat paripurna.
Foto ilustrasi rapat paripurna DPR. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

DPR RI kembali menggelar rapat paripurna. Ini merupakan rapat paripurna DPR ke-17 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020.

Rapat digelar di ruang paripurna, gedung Nusantara, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (18/6/2020), pukul 14.30 WIB. Rapat dipimpin Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, didampingi Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.

Selain fisik, rapat digelar secara virtual. Ada 71 anggota DPR yang mengikuti rapat secara virtual dan sisanya hadir di ruang paripurna.

"Berdasarkan catatan dari kesekjenan telah dihadiri oleh 288 anggota. (Sebanyak) 217 secara fisik dan fraksi telah dihadiri 9 fraksi," kata Azis saat membuka rapat.

Dengan diikuti 288 anggota, itu berarti ada 287 yang tak hadir dalam rapat kali ini. Rapat pun sudah memenuhi kuorum.

DPR juga telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 untuk mencegah penyebaran virus Corona. Seluruh anggota Dewan yang hadir mengenakan masker. Kursi duduk juga diterapkan ada jarak, sekaligus pemeriksaan suhu badan sebelum anggota DPR masuk ke ruang paripurna.

"Izinkan saya membuka rapat ini dan saya nyatakan rapat terbuka untuk umum," ucap Azis.

Agenda rapat paripurna DPR hari ini untuk mendengar tanggapan pemerintah terhadap pandangan fraksi-fraksi atas Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan pokok-pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) Rancangan APBN 2021. Dalam rapat paripurna sebelumnya, fraksi-fraksi DPR sudah memberikan pandangan terkait RAPBN.

Dalam rapat paripurna ini, hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani. Nantinya Menkeu akan membacakan tanggapan pemerintah akan pandangan fraksi-fraksi atas KEM dan PPKF.

(elz/imk)