WN Amerika Ngutil Cincin di Toko Emas Kuta Bali, Sempat Dihajar Massa

Angga Riza - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 13:16 WIB
WN Amerika, Marcus Dorian Price (tengah) diamankan karena ngutil cincin di toko emas Bali
WN Amerika, Marcus Dorian Price (tengah), ditangkap karena ngutil cincin di toko emas Bali. (Foto: Istimewa)
Badung -

Seorang warga negara asing (WNA) asal Amerika tepergok mencuri cincin di toko emas surya, Kuta, Badung, Bali. Pelaku bernama Marcus Dorian Price (35).

Pelaku melakukan aksinya, Rabu (17/6/2020), dengan awal modus akan membeli cincin. Saat cincin sudah di tangan, pelaku membawa cincin tersebut tanpa membayar.

"Dia berawal dari toko emas dia mau beli cincin awalnya dia mampir ke toko emas dengan menggunakan sepeda motor, kemudian dari sanalah perawakannya dia kan lumayan cukup tinggi besar, kemudian turun dari motor masih menggunakan helm terus habis itu karena tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia dia hanya menunjuk saja saat masuk, terus ibunya yang punya toko emas dateng terus nawarinlah emas," kata Kanit Reskrim Polsek Kuta Iptu Bagus Nagara Baranacita saat dihubungi detikcom, Kamis (18/6/2020).

Bagus mengatakan penjual juga tidak bisa menggunakan bahasa Inggris. Penjual menunjukkan harga cincin itu lewat kalkulator.

"Terus pelaku nunjuk yang dia mau, ibunya juga nggak bisa bahasa Inggris yang mana habis itu ditunjuklah sama si Markus namanya diambilah cincin itu dikasih di atas kaca, kemudian ibunya ngambil kalkulator, dihitunglah harganya berapa. Setelah itu kalkulatornya diambil sama pelaku setelah itu mungkin berselang berapa detik diambil lagi sama ibunya ditunjukin harganya setelah itu langsung dia pergi dikantongi lah cincin itu," lanjut Bara.

Setelah pelaku hendak kabur, pemilik toko bergegas keluar dan menarik pelaku. Pemilik pelaku juga meminta bantuan warga di sekitar toko.

"Jadi setelah itu dia naik motor, setelah itu belum sempat distarter karena ibunya lari keluar terus tarik tanganya setelah ditarik tangannya baru massa ini mulai bergerombol ini," ungkpa Bara.

Pelaku juga sempat dihajar massa setempat. Beruntung polisi bergegas datang dan mengamankan pelaku sehingga pelaku tidak sampai mengalami luka yang serius.

"Setelah itu, karena ramai akhirnya motornya ditinggal kunci sudah diambil sama korban kan nah setelah itu dia tinggal jalan lah dia, karena badannya besar tidak ada yang berani. Nah setelah itu baru massa, diajak massa baru setelah itu pengeroyokan itu, tapi dari pengeroyokan itu nggak sampai luka luka berat sih, enggak ya, luka luka ringan aja," jelas Bara.

Pelaku sudah diamankan di Polsek Kuta untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Polisi juga mengamankan beberapa barang bukti cincin yang dicuri oleh pelaku seberat 1,83 gram dan 1 sepeda motor.

"Ya kebetulan kita kan ada penyelidikan daerah situ kemudian kita dapat laporan setelah itu kita amankan makanya hanya luka-luka ringan saja kita kan datangnya cepet juga setelah kejadian 5 menit lah," ujar Bara.

(idh/idh)