Tak Ada Lagi Pasien Positif COVID-19, Dinkes: Prabumulih Zona Hijau

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 10:46 WIB
Poster
Ilutrasi COVID-19 (Foto: Edi Wahyono-detikcom)
Prabumulih -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, mengatakan tak ada lagi pasien positif Corona atau COVID-19 yang dirawat. Dinkes menyatakan Prabumulih kini menjadi zona hijau.

"Sekarang di Prabumulih zero kasus positif atau sedang tidak ada kasus positif COVID-19. Tetapi yang masih diperiksa ada," kata Kepala Dinas Kesehatan Prabumulih, Tejo, Kamis (18/6/2020).

Tejo mengatakan dua pasien terakhir positif COVID-19 telah dinyatakan sembuh beberapa hari lalu. Secara total ada 33 kasus positif Corona.

"Total kasus kami ada 33 positif. Tapi 3 itu meninggal dan 30 kasus lain telah sembuh dan diperbolehkan pulang kemarin," ujar Tejo.

"Terhitung mulai hari ini kita zona hijau. Ini juga harus dibarengi semangat masyarakat agar taat menerapkan protokol kesehatan," sambungnya.

Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Prabumulih juga mencatat ada 218 orang ODP yang telah dipantau. Selain itu terdapat 48 orang PDP dan 17 sudah selesai pengawasan.



Prabumulih menjadi salah satu daerah di Sumatera Selatan yang sempat mencatat angka positif COVID-19 tinggi. Prabumulih juga mencatatkan penyebaran lewat transmisi lokal dan berstatus zona merah.

Pemkot kemudian mengajukan agar Prabumulih bisa melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). PSBB selama 14 hari itu telah berakhir pada 9 Juni kemarin. Selanjutnya gugus tugas fokus pada penyembuhan dan penerapan disiplin protokol kesehatan.

(ras/haf)