Curah Hujan Tinggi, 2 Desa di Sigi Sulteng Terendam Banjir

Mohammad Qadri - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 10:24 WIB
Tim SAR membangun posko di lokasi banjir yang merendam 2 desa di Sigi Sulteng untuk mengantisipasi banjir susulan (dok. Istimewa).
Tim SAR membangun posko di lokasi banjir yang merendam 2 desa di Sigi Sulteng untuk mengantisipasi banjir susulan. (Foto: Istimewa)
Sigi -

Dua desa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi sejak subuh tadi. Rumah warga hingga tempat ibadah seperti masjid terendam.

"Pagi tadi kami sudah membentuk tim untuk ke lokasi banjir, setelah menerima informasi atau adanya laporan banjir pada tadi subuh," ujar Kepala SAR Palu Basrano kepada wartawan Kamis (18/6/2020).

Menurutnya, banjir terjadi akibat Sungai Omu meluap sehingga merendam wilayah Desa Omu dan Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa pada Kamis (18/6), sejak pukul 03.00 Wita. Saat ini, dilokasi kejadian masih terpantau hujan.

"Hasil pemantauan, saat ini kami mencatat ada 30 rumah terendam banjir, 1 di antaranya rusak berat. Selain itu, fasilitas umum lainnya, seperti sekolah SDN Nomo dan TK Kemanjaya, puskesmas, Kantor Desa Omu, dan 1 unit masjid," ucapnya.

Tidak ada korban jiwa akibat banjir yang melanda dua desa tersebut. Tim SAR dengan sejumlah aparat gabungan dan relawan kini telah membangun posko di sekitar lokasi kejadian karena warga khawatir banjir lebih besar akan terjadi.

(nvl/nvl)