Jam Operasional Jalur Sepeda di Sudirman Diatur Pagi dan Sore

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 10:24 WIB
Jam Operasional Jalur Sepeda di Sudirman Diatur Pagi dan Sore
Foto: Tiara Aliya Azzahra/detikcom

Dengan adanya pengaturan jam operasional jalur sepeda ini, diharapkan pengguna sepeda memanfaatkannya sehingga diharapkan pengguna sepeda tidak mengambil jalur di luar jalur sepeda.

"Karena pengamatan sampai 3 hari kemarin dan hari Minggu kemarin masih ada banyak pengendara sepeda yang dia tidak masuk kepada jalur sepeda tersebut tapi malah ambil jalur tengah nyelip-nyelip di antara kendaraan, tentu ini sangat berbahaya," katanya.

"Dan kalau pesepeda tersebut alami kecelakaan bukan di jalur sepeda, maka kita bisa saja memperhitungkan belum tentu ini penabraknya yang salah, bisa saja yang salah itu si pesepeda. Tapi kalau dia bersepeda di jalurnya, itu bisa kita sampaikan yang salah buka pesepedanya. Ini mohon jadi perhatian teman-teman komunitas sepeda supaya memanfaatkan komunitas jalur sepeda yang kita siapkan," bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, pihaknya akan memasang traffic cone sepanjang 14 Km di ruas kiri Jalan Sudirman-Thamrin pada jam-jam operasional jalur sepeda. Kemudian, ia menegaskan bahwa jalur sepeda ini sifatnya hanya sementara.

"Ini namanya jalur sepeda sementara, jadi selama masa transisi ini kita terus evaluasi dan tentu tiap hari Senin kami laporkan kepada ketua gugus tugas terkait seluruh pelaksanaan atau evaluasi hasil pelaksanaan kebijakan transportasi," jelas Syafrin.

Halaman

(mei/mei)