Polisi Kantongi Identitas WNI Penyedia Anak untuk Buron FBI Russ Medlin

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 06:40 WIB
Russ Albert Medlin ditangkap penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Kebayoran Baru, Jaksel. Medlin merupakan buronan FBI yang dicari sejak 2016.
Foto: Buron FBI, Russ Medlin di tangkap polisi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polisi menyebut telah mengantongi identitas WNI yang menyediakan anak untuk pemuas nafsu buron Federal Bureau of Investigation (FBI), Russ Medlin. Penyedia anak tersebut masih dalam pencarian.

"Ya inisialnya A saja masih didalami," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus ketika dihubungi, Rabu (17/6/2020) malam.

Polisi belum mengetahui dari mana Russ Medlin kenal dengan penyedia anak tersebut. Yusri mengatakan pihaknya masih mendalami hal ini.

"Kan belum ketangkap, kalau sudah ketangkap kan baru kita tahu, nanti kita minta keterangan dua duanya agar lebih jelas," ujarnya.

Sebelumnya, Russ Medlin ditangkap di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (14/6). Medlin diburu oleh FBI atas kasus penipuan investasi saham bitcoin.

Medlin juga memiliki catatan kriminal di Nevada, Amerika Serikat. Medlin dua kali didakwa atas kasus pedofilia. Dia melarikan diri dari ke sejumlah negara salah satunya di Indonesia.

"Total pada saat itu berdasarkan koordinasi teman-teman FBI itu kurang-lebih 722 juta US, atau dirupiahkan sekitar Rp 10,8 triliun hampir Rp 11 triliun. Jadi dia buronan juga yang bersangkutan residivis kasus pedofil di Amerika, dia sudah pernah dua kali didakwa di tahun 2006 dan 2008 di AS," kata Yusri dalam keterangannya, Selasa (16/6).

Di Indonesia Medlin diketahui sering membawa masuk anak perempuan di bawah umur. Sampai akhirnya, polisi berhasil mengamankan 3 anak di bawah umur dan menginterogasi mereka. Ketiga korban mengaku bahwa mereka telah melakukan hubungan seksual dengan Medlin dengan imbalan sejumlah uang.

Polda Metro Jaya: Russ Medlin Buronan FBI Sejak Tahun 2016:

(eva/rfs)